Bisnis.com, JAKARTA — Industri fintech lending Peer-to-Peer (P2P) melaporkan pertumbuhan pendapatan bulanan atau bulanan (mtm) hingga Rp 656,80 miliar hingga Agustus 2024.

Tren ini juga bertepatan dengan peningkatan keuntungan penyedia pinjaman P2P Kredit Pintar. Meski tak merinci angkanya, Direktur Bisnis dan Operasional PT Kredit Pintar Indonesia Kokko Kattaka mengatakan Kredit Pintar mampu mencatatkan pertumbuhan pendapatan hingga dua digit setiap bulannya.

“Pertumbuhan ini juga terjadi pada Kredit Pintar. Peningkatan laba yang kami peroleh pada Agustus hampir mencapai 18%, meningkat dibandingkan laba kami pada Juli 2024,” kata Kokko dalam wawancara dengan Bisnis, Senin (7/10/ 2024).

Kokko mengatakan, ada faktor internal dan eksternal yang melatarbelakangi keberhasilan industri P2P lending mencatat pertumbuhan pendapatan pada Agustus ini. Secara eksternal, manfaat seperti kondisi makroekonomi yang baik di negara tersebut, yang telah membaik sejak pemilu, telah mendorong pertumbuhan laba. Sementara itu, di dalam negeri, industri P2P lending gencar memperluas pasar dan meningkatkan efisiensi.

Pada saat yang sama, proses pengurangan risiko Kredit Pintar yang efektif berperan penting dalam meningkatkan profitabilitas secara signifikan. Menurutnya, hal ini akan memungkinkan perusahaan untuk memilih profil pelanggan yang lebih baik dan mempertahankan portofolio pinjaman yang stabil dan sehat. 

“Selanjutnya peningkatan pendapatan ini diperoleh dari pelanggan tetap, dengan menawarkan limit kredit kepada pelanggan setia dengan suku bunga rendah,” jelasnya.

Mengutip laman Kredit Pintar, total pinjaman yang dikeluarkan Kredit Pintar sejak berdirinya perusahaan hingga 10 September 2024 mencapai Rp 48,5 triliun. Sementara itu, sejak awal tahun ini, Kredit Pintar telah disalurkan dengan pinjaman sebesar Rp6,5 triliun dan saldo pinjaman sebesar Rp2,4 triliun. Perusahaan melaporkan bahwa mereka memiliki tingkat pembayaran lancar 100% dalam waktu kurang dari 90 hari (TKB90).

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA channel