Bisnis.com, JAKARTA – Vietnam merupakan salah satu negara Asia Tenggara yang mengalami pertumbuhan ekonomi signifikan.

Vietnam melaporkan pertumbuhan ekonomi terkuatnya dalam dua tahun pada kuartal hingga akhir September 2024, menurut Reuters.

Perekonomian Vietnam tumbuh 7,4 persen pada kuartal ketiga dibandingkan tahun sebelumnya, data pemerintah menunjukkan pada hari Minggu, melampaui pertumbuhan 6,93 persen pada tiga bulan sebelumnya.

Beberapa faktor mendorong pertumbuhan ekonomi Vietnam, termasuk ekspor dan produksi industri yang kuat serta peningkatan investasi asing, yang mengimbangi dampak topan terkuat di Asia pada bulan lalu sepanjang tahun ini.

Oleh karena itu, produk domestik bruto negara tetangga Indonesia berhasil tumbuh sebesar 7,4% year-on-year pada kuartal ketiga.

Angka tersebut bahkan mengalahkan revisi pertumbuhan kuartal kedua sebesar 7,09 persen, menurut Reuters.

Laporan juga menunjukkan bahwa Vietnam adalah pusat manufaktur regional bagi perusahaan multinasional, termasuk Samsung Electronics dan pemasok Apple, Foxconn dan Luxshare.

Negara ini juga menarik aliran investasi asing.

“Perekonomian global mulai stabil, seiring membaiknya perdagangan global, tekanan inflasi mereda, kondisi keuangan terus membaik dan pasokan tenaga kerja meningkat,” kata kantor statistik.

Data bulan September menunjukkan ekspor meningkat 10,7 persen dan produksi industri sebesar 10,8 persen dibandingkan tahun sebelumnya, ujarnya.

Sebagai informasi, arus masuk investasi asing ke Vietnam meningkat sebesar 8,9% year-on-year menjadi 17,3 miliar USD dalam sembilan bulan pertama tahun ini.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita dan saluran WA