Bisnis.com, Jakarta – Rutin berolahraga tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik, tapi juga meningkatkan nilai akademis. Apa penjelasannya?

Anda perlu lebih banyak perhatian dan konsentrasi saat belajar. Kurangnya konsentrasi saat belajar menjadi salah satu penyebab mengapa Anda tidak belajar maksimal.

Menurut laporan dari situs resmi Open Universities Australia, Senin (7/10/2024), berikut kaitan antara bermain dan belajar:

1. Olahraga meningkatkan aliran darah ke otak.

Aktivitas fisik seperti olahraga atau aerobik memberi otak lebih banyak oksigen dan nutrisi, sehingga membantu meningkatkan fungsi otak. Selain itu, olahraga membantu neurogenesis, atau proses pembentukan neuron baru di otak.

2. Olahraga merangsang pelepasan neurotransmiter.

Saat Anda berolahraga, tubuh Anda melepaskan dopamin, norepinefrin, dan serotonin. Ini membantu dalam pengembangan sel otak, motivasi, fokus dan manajemen stres.

3. Olahraga meningkatkan daya ingat.

Seiring dengan stimulasi neurotransmitter, memori jangka pendek dapat berubah dalam jangka panjang.

4. Olahraga memperkuat koneksi saraf.

Olahraga meningkatkan plastisitas otak, yang merupakan kemampuan otak Anda untuk berubah sehingga Anda dapat belajar dan beradaptasi.

5. Olahraga meningkatkan kualitas tidur.

Secara tidak langsung, olahraga dapat membantu meningkatkan daya ingat, fungsi kognitif, dan prestasi akademik.

Untuk belajar lebih baik, Anda perlu melakukan jenis olahraga yang tepat. Misalnya, jika Anda kesulitan berkonsentrasi atau mengingat materi, Anda bisa mencoba latihan interval intensitas tinggi (HIIT).

Latihan ini memadukan gerakan intensitas tinggi dan rendah. Misalnya berjalan cepat selama 30 detik, lalu berjalan perlahan selama 30 detik berikutnya.

Bila Anda sedang tidak ingin belajar, Anda bisa melakukan olahraga yang disebut “jogging” atau olahraga dengan intensitas tinggi seperti jogging. Permainan ini membantu meningkatkan hormon bahagia dan mendorong pembelajaran. 

Apakah kamu stres?

Jika Anda merasa stres, Anda bisa melakukan yoga atau tai chi di pagi hari. Latihan ini membangunkan tubuh dan pikiran sekaligus menenangkan saraf dan menjernihkan pikiran. Latihan ini tidak hanya meningkatkan sirkulasi darah, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan emosional dan mengatur relaksasi tubuh. 

Saat Anda merasa lelah, berjalan-jalan atau jogging di luar ruangan untuk memulihkan energi. Berolahraga di udara segar membantu mengirimkan lebih banyak oksigen ke otak. 

Kunci untuk meningkatkan nilai akademik adalah penerapan gaya belajar. Untuk memaksimalkan hasil, gaya mengajar harus efektif. Dalam hal ini, permainan membantu Anda belajar lebih baik, sehingga membantu Anda meningkatkan nilai akademis Anda. (Jesslyn Samantha Romeris Limbuntubing)

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA