Bisnis.com, JAKARTA – Google meluncurkan sederet fitur baru untuk mencegah pencurian ponsel cerdas, antara lain kunci pencurian, kunci perangkat offline, dan kunci jarak jauh.

Fitur tersebut ditemukan aktif di salah satu ponsel pengguna yang baru-baru ini memposting di situs media sosial.

Salah satu fitur yang paling menonjol dari ketiganya, seperti yang dijelaskan oleh The Verge, adalah kunci pencurian. Fitur ini menggunakan AI untuk mengunci layar ponsel ketika tanda-tanda pencurian terdeteksi.

Sementara itu, fitur lain seperti fitur kunci perangkat offline memungkinkan Anda mengunci layar perangkat saat offline sementara.

Sementara itu, fitur buka kunci jarak jauh memungkinkan pengguna mengunci ponsel hanya menggunakan nomor telepon jika tidak dapat masuk ke fitur Temukan Perangkat Saya dengan kata sandi.

Penguncian perangkat antipencurian dan offline didukung di semua perangkat Android yang menjalankan Android 10 dan lebih tinggi, sedangkan penguncian jarak jauh tersedia di perangkat dengan setidaknya Android 5.

Jika belum memiliki fitur ini, pengguna dapat mencoba memperbarui Layanan Google Play, meskipun Google cenderung meluncurkan fitur baru seiring berjalannya waktu.

Namun, fitur baru ini mungkin tidak tersedia di semua perangkat. Salah satu perangkat yang sepertinya belum menginstal fitur ini adalah Pixel 6.

Simak berita dan artikel lainnya dari Google News dan WA Channel.