Bisnis.com, Jakarta – Produsen otomotif asal China, BYD, mencatatkan penjualan global sebanyak 419.426 unit kendaraan listrik pada September 2024. Pencapaian tersebut merupakan rekor penjualan tertinggi sepanjang sejarah perseroan.

Sementara penjualan kendaraan listrik BYD naik 45,91% year-on-year menjadi 287.454 unit pada September 2023. Sedangkan secara bulanan (mo-mo/mtm) meningkat 12,42% dibandingkan Agustus 2024 menjadi 373.083 unit.

Liu Zhuliang, General Manager Departemen Penjualan Kendaraan BYD Asia-Pasifik, mengatakan sejalan dengan pencapaian tersebut, BYD akan terus berinovasi dan memperkenalkan berbagai model kendaraan listrik dengan teknologi terdepan.

“Kami berterima kasih kepada seluruh pelanggan setia BYD yang telah menjadi bagian dari perjalanan luar biasa ini,” kata Liu dalam keterangan resmi, Senin (7/10/2024).

Tak hanya itu, produksi BYD meningkat dari 8 juta unit menjadi 9 juta unit hanya dalam waktu 83 hari. Menurutnya, tingginya permintaan ini akan semakin memperkuat posisi BYD di bidang kelistrikan otomotif global.

“Kesuksesan ini didorong oleh rangkaian produk EV BYD yang inovatif dan mutakhir, seperti seri Dynasty dan Ocean, yang terkenal dengan desain elegan dan teknologi canggih. Model seperti Song, Ken, Han dan Dolphin juga merupakan simbol dari sebuah masa depan yang berkelanjutan., lanjutnya.

Secara rinci, BYD menjual 164,956 model kendaraan listrik baterai penumpang (BEV) pada bulan September, atau 9,1% y.

Selain itu, model kendaraan listrik hibrida plug-in penumpang (PHEV) terjual sebanyak 252.647 unit, sedangkan kendaraan listrik komersial BYD terjual 1.823 unit.

Alhasil, selama periode Januari-September 2024 secara global, penjualan kendaraan listrik BYD mencapai 2,74 juta unit atau meningkat 32,13% year-on-year.

Sementara di Indonesia, PT BYD Motors Indonesia bersama PT Arista Elektrika Indonesia (Arista Group) membuka sembilan diler secara serentak pada Senin (7/10/2024).

Pembukaan satu kali dealer ini merupakan bagian dari strategi ekspansi BYD untuk menjangkau 50 toko di 15 kota besar di Indonesia pada tahun ini. Alhasil, dealer BYD saat ini memiliki total 24 cabang.

Sedangkan sembilan distributor baru tersebut adalah BYD Arista Samrikan Bekasi; BYD Arista Pandak Anda Jakarta; BYD Arista Puri Jakarta; BYD Arista PIK Jakarta; BYD Arista Kelapa Gooding Jakarta; BYD Aristo Sereng Buntin; BYD Arista Yogyakarta; BYD Arista Canjaran Surabaya; dan BYD Aristo Picambro. 

Sejauh ini, terdapat empat model mobil BYD di Indonesia, antara lain BYD M6 di segmen MPV, BYD Atto 3 di segmen SUV, disusul BYD Dolphin hatchback, dan BYD Sail sedan.

Seluruh mobil listrik BYD saat ini diimpor dari China ke Indonesia (Completely Built/CBU). Namun kedepannya BYD akan segera memiliki fasilitas produksi di Sabang Smart City, Jawa Barat dengan kapasitas 150.000 unit per tahun yang ditargetkan dapat beroperasi pada tahun 2026.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel