Bisnis.com, JAKARTA – Produsen mobil asal China, BYD, semakin memperluas ekspansinya di pasar mobil listrik di Indonesia, dengan meresmikan sembilan diler baru BYD Arista yang tersebar dari Jakarta hingga Surabaya.

Yaitu PT BYD Motor Indonesia dan PT Arista Elektrika Indonesia (Arista Group) yang didirikan secara bersamaan di BYD Arista Summarecon Bekasi.

General Manager Divisi Penjualan Otomotif BYD Asia-Pasifik, Liu Xueliang, mengatakan Indonesia merupakan pasar penting bagi BYD. Keberhasilan BYD secara global dalam memimpin pasar mobil listrik menunjukkan semakin meningkatnya minat masyarakat terhadap mobil listrik tidak hanya di dunia tetapi juga di Indonesia.

“Komitmen sembilan diler BYD Arista ini merupakan wujud nyata komitmen kami dalam memberikan pelayanan terbaik dan standar kualitas global kepada setiap diler,” kata Liu dalam keterangan resmi, Senin (10/7/2024).

Lebih lanjut dia mengatakan, komitmen dealer tersebut sekaligus merupakan bagian dari rencana ekspansi BYD yang akan menjangkau 50 lokasi di 15 kota besar di Indonesia pada tahun ini.

Perluasan jaringan penjualan didorong oleh sejumlah inisiatif strategis yaitu meningkatkan ketersediaan produk BYD dan mencerminkan investasi Arista Group di sektor kendaraan listrik Indonesia. 

Sekadar informasi, diler BYD Arista memiliki fasilitas modern antara lain parkir, showroom, dan layanan 3S (Sales, Service, Spare Parts), kecuali diler Pantai Indah Kapuk (PIK) yang hanya memberikan layanan penjualan langsung.

Sebanyak sembilan diler baru tersebut adalah BYD Arista Summarecon Bekasi; BYD Arista Pondok Indah Jakarta; BYD Arista Puri Jakarta; BYD Arista PIK Jakarta; BYD Arista Kelapa Gading Jakarta; BYD Arista Serang Banten; BYD Arista Yogyakarta; BYD Arista Kenjeran Surabaya; dan BYD Arista Pekanbaru. 

“Saat ini BYD Arista yang total berjumlah 24 pabrik siap memenuhi kebutuhan pelanggan akan kendaraan listrik baru dan canggih,” tutupnya.

Mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), yang pertama di pasar model mobil China, Wuling terus memimpin pasar dengan penjualan 11.910 unit dalam 8 bulan pertama tahun 2024. 

Sementara merek baru asal China, BYD, berada di posisi kedua menggusur Chery dengan penjualan 6.461 unit hanya dalam waktu 3 bulan, sedangkan penjualan Chery mencapai 5.517 unit.

Diketahui, saat ini ada empat model mobil BYD di Indonesia, antara lain BYD M6 di segmen MPV, BYD Atto 3 di segmen SUV, lalu BYD Dolphin hatchback, dan BYD Seal sedan.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita dan saluran WA