Bisnis.com, JAKARTA — Saat ini penggunaan skin care atau produk perawatan kulit sudah menjadi suatu keharusan agar kulit tetap sehat. 

Beberapa bahan aktif pelembab kulit juga sudah dikenal konsumen perawatan kulit, seperti ceramide atau hyaluronic acid. Tapi adakah yang tahu apa itu alga kandung kemih?

Salah satu produk perawatan bayi lokal yang baru saja diluncurkan Heymama menggunakan bahan ini sebagai pelembab yang aman bahkan untuk bayi. 

Bahan ini belum begitu dikenal di Indonesia sehingga hanya bisa didatangkan dari Eropa. 

Jadi apa itu kandung kemih dan apa manfaatnya bagi kulit?

Menurut Healthline, rumput laut adalah sejenis ganggang coklat yang dapat dimakan dan telah digunakan sebagai obat alami selama berabad-abad. 

Bahan ini digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati berbagai kondisi, termasuk kekurangan yodium, obesitas, nyeri sendi, masalah pencernaan, infeksi saluran kemih, dan disfungsi tiroid, termasuk hipertiroidisme, hipotiroidisme, dan gondok. 

Bladderwrack kaya akan antioksidan seperti phlorotannin, fucoxanthin, asam alginat, fucoidan dan vitamin A dan C. Phlorotannin dan fucoxanthin dikenal karena aktivitas antioksidannya yang tinggi dan kemampuannya dalam menangkal radikal bebas. 

Radikal bebas sendiri merupakan senyawa berbahaya yang dapat merusak sel dan memicu penyakit kronis serta penuaan dini. 

Bladderwrack sering digunakan sebagai pengobatan topikal untuk masalah kulit seperti selulit, penuaan kulit dan luka bakar.

Studi awal menunjukkan bahwa antioksidan dalam kandung kemih, yaitu fucoidan, meningkatkan sintesis kolagen pada kulit, sehingga dapat membantu memperbaiki tampilan selulit, meningkatkan regenerasi kulit, dan menunda penuaan kulit dini.

Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi pada kandung kemih dikaitkan dengan berkurangnya degradasi kolagen dan elastin ketika diterapkan pada sampel kulit manusia. Mencegah kerusakan kolagen dan elastin penting untuk kulit awet muda.

Dokter Kulit, Dr. Arini mengatakan, meski bahan ini erat kaitannya dengan anti penuaan dan pencegahan radikal bebas, produk perawatan kulit yang mengandung penangkal radikal bebas ternyata bisa digunakan oleh bayi baru lahir. 

“Jadi penting bagi bayi untuk menjaga kebersihan dan kelembapannya dengan produk yang tepat. Humidifier direkomendasikan sejak lahir, bahkan untuk bayi prematur. Pelembab pada bayi prematur Terdapat penelitian bahwa penggunaan produk pelembab secara teratur dapat mencegah sepsis. , karena pertahanan kulit bayi sangat lemah, dengan bantuan pelembab dapat melindungi kulit bayi dari radikal bebas, alergen, polutan, dan lain-lain, jelasnya, Jumat (10 April 2024).

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA channel