Bisnis.com, JAKARTA – Merayakan hari jadinya yang ke-26, Bank Mandiri meluncurkan beberapa fitur dan layanan digital baru untuk memberikan kemudahan, kenyamanan, dan pengalaman perbankan yang lebih personal. Mengusung tema “Adapt and Solve”, Bank Mandiri melanjutkan komitmennya untuk memberikan solusi keuangan inovatif yang memenuhi kebutuhan nasabah di era digital yang berkembang pesat.

Pimpinan Bank Mandiri, Direktur Bank Darmawan Junaidi, mengatakan salah satu inovasi besar yang dilakukan adalah penyempurnaan tampilan atau user interface pada aplikasi Livin’ by Mandiri. Aplikasi andalan perusahaan ini memiliki desain yang lebih modern dan intuitif, serta menggunakan teknologi pembelajaran mesin untuk memberikan layanan yang lebih personal.

Selain itu, dengan menggunakan analisis data perilaku transaksi pelanggan, aplikasi ini dapat merekomendasikan fitur dan promosi yang sesuai dengan kebiasaan dan preferensi masing-masing pengguna. Tidak hanya itu, pelanggan juga dapat menyesuaikan fitur halaman beranda aplikasi agar lebih sesuai dengan kebutuhan sehari-hari.

“Inovasi ini merupakan langkah kami untuk menjadikan Livin’ by Mandiri menjadi Beyond Super App yang membantu nasabah mendapatkan pengalaman perbankan yang lebih mudah, cepat, dan personal,” kata Darmawan di Jakarta, Sabtu (5/10).

Bukan tanpa alasan, sejak diluncurkan pada Oktober 2021, Livin’ by Mandiri mengalami pertumbuhan yang cukup pesat. Hingga Agustus 2024, pengguna aplikasi Livin’ by Mandiri tercatat mencapai 27 juta atau meningkat 33% year-on-year (YoY). Dari jumlah tersebut, total nilai transaksi Livin’ by Mandiri mencapai Rp2,589 triliun dengan volume transaksi sebanyak 2,4 miliar transaksi.

Selain penyempurnaan tampilan aplikasi, Bank Mandiri juga memperkenalkan fitur-fitur baru yang memudahkan nasabah dalam mengelola keuangannya melalui investasi portofolio Livin. Fitur terakhir ini memungkinkan klien untuk berdagang saham langsung melalui aplikasi Livin tanpa harus berpindah ke platform lain.

Bekerja sama dengan Mandiri Sekuritas, nasabah Livin’ dapat membuka rekening dana nasabah (RDN), melakukan penyetoran dan penarikan kapan saja, serta memantau portofolio investasinya dalam satu aplikasi yang terintegrasi dengan dana investasi lain, seperti reksa dana.

“Melalui investasi portofolio Livin, nasabah dapat memaksimalkan perencanaan keuangannya dan leluasa mendiversifikasi portofolionya. Darmawan menambahkan, “Dengan cara ini, kami semakin dekat dengan tujuan finansial nasabah.”

Untuk meningkatkan kepuasan nasabah, Bank Mandiri juga meluncurkan fitur Livin’points. Dengan hadirnya fitur ini, pelanggan dapat memantau jumlah poin yang diterima secara real time melalui aplikasi, dan menukarkannya dengan reward pilihannya.

“Pelanggan dapat mengumpulkan poin dari berbagai transaksi serta aktivitas menarik lainnya seperti permainan dan tantangan di aplikasi. Pak Darmawan mengatakan, “Poin yang terkumpul dapat ditukarkan dengan berbagai hadiah menarik, mulai dari kartu diskon produk elektronik. mil maskapai penerbangan.

Bank berlogo pita emas ini mengatakan, Livin’points dirancang untuk memberikan pengalaman nasabah yang lebih menyenangkan dalam setiap transaksinya, serta memberikan keleluasaan bagi nasabah untuk memilih reward yang sesuai dengan kebutuhannya.

Melayani negara selama lebih dari dua dekade, Bank Mandiri tidak hanya fokus pada layanan keuangan saja, namun juga berkomitmen memberikan dampak positif terhadap lingkungan dan masyarakat luas. Salah satu contoh komitmen ini adalah peluncuran Livin’ Planet, sebuah inisiatif baru yang kini terintegrasi dengan aplikasi Sukha, memberikan pelanggan akses terhadap dukungan gaya hidup berkelanjutan dan membantu melindungi lingkungan.

Darmawan menjelaskan, inovasi ini dirancang untuk membantu pelanggan berpartisipasi dalam transisi menuju ekonomi rendah karbon. Dengan Livin’ Planet, pelanggan dapat menghitung jejak karbon yang disebabkan oleh aktivitas sehari-hari, seperti penggunaan kendaraan atau penggunaan energi.

Dengan kalkulator karbon yang terintegrasi dalam super app Livin’ by Mandiri, pelanggan dapat secara mandiri mengukur dan memahami dampak aktivitasnya terhadap lingkungan. Selain itu, pelanggan juga dapat berpartisipasi dalam program penanaman pohon sebagai upaya mengimbangi emisi karbon pribadinya.

Proyek ini tidak hanya berkontribusi terhadap penyerapan karbon yang penting, namun juga menciptakan nilai tambah bagi perekonomian masyarakat sekitar. Melalui aplikasi ini, pelanggan dapat mengakses laporan yang memungkinkan mereka memantau kontribusi mereka terhadap proyek perlindungan lingkungan, sehingga partisipasi pelanggan menjadi lebih transparan.

Asal tahu saja, bank penerbit kode BMRI menegaskan komitmen tersebut merupakan bagian dari upaya Bank Mandiri menciptakan masa depan yang berkelanjutan. Per Juni 2024, Bank Mandiri mencatatkan standing portofolio sebesar Rp278 triliun, naik 14,7% year-on-year (YoY).

Pertumbuhan tersebut didorong oleh green sekuritas yang mencapai Rp 139 triliun, naik 20,4% year-on-year, menjadikan Bank Mandiri sebagai pemimpin pasar dengan pangsa sekitar 30%. Di sisi lain, portofolio sosial berjumlah Rp 139 miliar, meningkat 9,5% sepanjang tahun ini, karena pertumbuhan kredit UKM yang didorong oleh platform digital Livin’ Merchant, yang memberikan akses finansial kepada 2 juta UKM dengan persentase 60%. membagikannya Di daerah non-perkotaan.

Tak berhenti sampai di situ, Bank Mandiri juga meluncurkan pembaruan besar pada layanan perbankan digital grosirnya, Kopra by Mandiri, dengan tampilan lebih ramping di hari ulang tahunnya yang ke-26. Versi terbaru ini menawarkan pengalaman transaksi yang lebih baik dan lebih banyak fitur untuk sepenuhnya memenuhi kebutuhan pelanggan.

Penggunaan kecerdasan buatan Mandiri di Kopra memberikan wawasan yang membantu nasabah dalam mengambil keputusan keuangan. Langkah ini memantapkan Bank Mandiri sebagai pemimpin pasar Wholesale Banking di Indonesia dengan penyesuaian dan solusi.

Sedangkan penyempurnaan Kopra by Mandiri berfokus pada cash management, trade finance dan value chain untuk memenuhi kebutuhan finansial nasabah domestik dan internasional.

“Salah satu bentuk inovasi Kopra by Mandiri yang memanfaatkan kecerdasan buatan adalah hadirnya fitur perkiraan kas. Fitur ini memudahkan nasabah dalam melacak dan mendapatkan wawasan keuangan untuk mempersiapkan kebutuhan uang tunai nasabah di masa depan secara akurat,” tambahnya.

Bank Mandiri juga telah memanfaatkan “Exclusive Total Ecosystem” untuk memperkuat ekosistem nasabah grosir dan supply chain dengan solusi terintegrasi antara Kopra by Mandiri dan Livin’ by Mandiri. Inovasi tersebut antara lain layanan keuangan Kopra dengan Livin’ yang mempercepat penerimaan pembayaran pemasok, serta mendukung pengembangan ekosistem tertutup yang menghubungkan berbagai pihak, mulai dari pemasok hingga pelanggan individu.

“Di usianya yang ke-26, Bank Mandiri berkomitmen untuk terus memberikan layanan terbaik kepada seluruh nasabah melalui personalisasi dan solusi, memberikan kontribusi nyata bagi perekonomian nasional, menciptakan nilai tambah yang bermanfaat bagi masyarakat,” kata Darmawan.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel