Bisnis.com, Jakarta – Salah satu hal terpenting agar berhasil menurunkan berat badan adalah dengan memasukkan makanan kaya protein ke dalam pola makan Anda. 

Ini karena protein membantu perbaikan dan pertumbuhan otot, membuat Anda kenyang lebih lama, dan membantu mengatur metabolisme Anda. 

Mengutip Healthshots, berikut daftar kacang-kacangan dan biji-bijian kaya protein terbaik untuk membantu menurunkan berat badan. 8 kacang-kacangan dan biji-bijian untuk kesehatan 

1. Kacang almond

Kacang almond merupakan salah satu camilan yang disukai banyak orang dan sangat mudah ditemukan. Almond tidak hanya enak, tapi juga kaya protein, lemak sehat, dan serat.

100 gram kacang almond dapat mengandung 21 gram protein. Almond juga kaya akan magnesium, yang dapat mengatur kadar gula darah, sehingga Anda tidak merasa lapar sepanjang hari. 

Almond bisa dimakan sebagai camilan sore hari atau ditambahkan ke semangkuk oatmeal di pagi hari untuk menambah energi.

2. Surat Perintah

Kacang terkenal dengan asam lemak omega-3, tetapi juga merupakan sumber protein yang baik, dengan kandungan sekitar 15 gram per 100 gram. 

Meski memiliki kandungan lemak sedikit lebih tinggi dibandingkan kacang lainnya, lemak sehat pada kenari mampu mengurangi nafsu makan dan membuat Anda kenyang. 

Selain itu, serat yang ada di dalamnya mudah dicerna sehingga sangat bagus untuk menurunkan berat badan. Tambahkan kenari ke salad dan jadikan camilan enak di antara waktu makan.

3. Keju

Kacang mete merupakan sumber protein yang baik, mengandung 18 gram per 100 gram. Selain protein, kacang mete kaya akan serat, lemak sehat, dan magnesium yang dapat membantu saat mencoba menurunkan berat badan. 

Kacang mete memiliki tekstur lembut dan manis yang membantu Anda kenyang lebih lama tanpa tambahan kalori.

Selain itu, karena antioksidannya, kacang mete dapat mendukung kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol jahat. Anda bisa menambahkannya ke smoothie untuk rasa manis dan gurih.

4. Biji pistachio

Dengan sekitar 20 gram protein per 100 gram dan kalori lebih sedikit dibandingkan kacang lainnya, pistachio adalah camilan yang enak. 

Kacang ini rendah kalori dan tinggi serat, sehingga membantu Anda tetap kenyang dan bagus untuk menurunkan berat badan. Selain itu, kandungan antioksidannya membantu melindungi sel dari kerusakan dan mengurangi risiko penyakit kronis, termasuk gangguan jantung. 

Namun, proses mengupas kacang ini sebelum makan yang melelahkan membantu memperlambat proses makan, memberikan waktu bagi otak Anda untuk merasa kenyang dan mencegah makan berlebihan.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel