Bisnis.com, JAKARTA. Fitur Google Form sangat berguna bagi Anda yang bekerja secara online. Berikut cara mudah untuk terlibat melalui Google Formulir jika perlu. 

Google Formulir membantu mengumpulkan data dari orang-orang untuk tujuan pribadi, pendidikan, atau bisnis. Selain membuat kehadiran online, beberapa orang juga menggunakan Google Formulir untuk membuat survei, kuis, formulir pendaftaran, dan banyak lagi. 

Orang-orang menggunakan Google Formulir karena mudah dipahami, gratis, dan terintegrasi dengan platform lain.   Berikut langkah-langkah untuk membuat kehadiran Google Forms:

Buka Google Formulir Buka Google Formulir dengan Akun Google Anda. Setelah itu Anda akan melihat tombol “+”. Klik tombol ini untuk membuat formulir baru.

Masukkan judul dan deskripsi, lalu isi bagian “Tanpa Judul” dengan judul yang jelas, seperti “Menghadiri Rapat Bulanan”, “Menghadiri Pelajaran Bahasa Indonesia”, dll. Sertakan penjelasan singkat tentang tujuan surat kunjungan.

Tambah Pertanyaan Buat pertanyaan Jawaban Singkat untuk mengisi nama anggota dan Tanggal untuk mencatat waktu ketidakhadiran. Anda dapat memilih format tanggal dan waktu yang sesuai.

Jika perlu, Anda juga dapat menambahkan pertanyaan lain, seperti “Alasan penundaan” dengan tipe “Paragraf” atau “Jawaban ganda”.

Pilihan Jawaban Pastikan semua pertanyaan penting diberi tanda ‘Wajib’. Anda juga dapat menambahkan pemeriksaan untuk memastikan bahwa hasil yang diberikan sesuai dengan format yang diinginkan, seperti hanya menerima satu tanggal.

Sesuaikan desain Anda Pilih tema yang sesuai untuk desain Anda dengan mengubah warna dan font untuk memberikan tampilan yang lebih menarik.

Bagikan formulir Setelah selesai, klik tombol “Kirim”. Formulir dapat dibagikan melalui tautan, email, atau diunggah ke situs web.

Saat Anda membangun kehadiran online, Anda didorong untuk mengajukan pertanyaan yang relevan. hanya. Jangan lupa aktifkan fungsi feedback untuk menganalisis data kehadiran. Google Form sering digunakan untuk presensi online siswa, staf dan peserta acara.  Cara membuat Google Form menggunakan smartphone

Setelah mempelajari seluk beluk membuat kehadiran online, Anda perlu mengetahui cara membuat Google Form di mobile, nah berikut cara membuat Google Form di mobile.

1. Buka aplikasi Google di perangkat Anda

Pertama, buka aplikasi seluler, Anda juga bisa membukanya melalui browser. Setelah itu pilih menu Google Form dan klik “Buka Formulir”. Jika Anda membuka browser, Anda mungkin diminta memasukkan akun Google Anda. Namun, di perangkat seluler, saat Anda membuka Google Formulir, formulir baru akan dibuat untuk Anda gunakan.

2. Edit judul formulir Setelah itu, di layar ponsel Anda akan muncul lembar siap untuk diedit, saat Anda membuat formulir, Anda akan melihat kotak teks di bagian atas tanpa judul. Beri nama pada formulir Anda (jika tidak, formulir akan menjadi “Formulir Tanpa Judul”). Pemformatan adalah opsional.

Pengaturan dan opsinya sama seperti di desktop, jadi Anda tidak perlu khawatir kebingungan. Menu untuk menambahkan item dan pertanyaan baru terletak di bagian bawah layar (bukan di samping, seperti pada versi desktop). Anda masih dapat mengakses fitur yang sama.

3. Tulis beberapa pertanyaan terkait topik Google Form Anda. Ada 11 jenis pertanyaan yang bisa Anda tambahkan ke Google Form Anda, yaitu:

Dropdown Paragraf Jawaban Singkat Pilihan Ganda Mengupload File Skala Garis

Opsi ini memungkinkan Anda mengumpulkan berbagai jenis informasi sekaligus mempermudah pengisian formulir. Anda juga dapat menambahkan foto dan video ke pertanyaan Anda. Meskipun pertanyaannya opsional, Anda dapat meminta responden menjawab pertanyaan tertentu dengan mengaktifkan opsi “Wajib” di bagian bawah jendela pertanyaan.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan saluran WA