Business.com, Jakarta – Menteri Keuangan Mulani Indravati pun angkat bicara mengenai penurunan pembelian energi masyarakat seiring terus menurunnya Indonesia hingga lima bulan ke depan.

Pak Mulaney mengatakan, daya beli masyarakat berada pada level yang stabil. Hal ini tercermin dari beberapa indeks seperti indeks kepercayaan konsumen, kepercayaan konsumen dan dari sisi penjualan.

Mulaney mengatakan di kantor Kementerian Keuangan di Jakarta pada hari Jumat bahwa kepercayaan konsumen, kepercayaan konsumen, pedagang atau indeks pembelian mereka tetap stabil dan pada tingkat yang tinggi. 10/2024)

Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Agustus 2024 tercatat sebesar 124,4, dari 123,4 pada Juli 2024 yang dirilis Bank Indonesia (BI) mengutip data Bank Indonesia (BI).

Jika melihat penurunan daya beli masyarakat kelas menengah, perilaku kelompok ini perlu dianalisa lebih lanjut, lanjutnya.

Pak Mulaney menjelaskan, saat ini ada masyarakat kelas menengah yang masuk dalam kelompok rentan. Di sisi lain, ia juga menyebut ada masyarakat miskin yang naik kelas dan masuk kelas menengah.

Ia mengatakan resesi seringkali disebabkan oleh inflasi. Pak Mulaney menjelaskan, inflasi yang tinggi juga meningkatkan kemiskinan, sehingga kelompok ini tiba-tiba masuk ke dalam kelompok miskin.

Ke depannya, Pak Mulaney berjanji partainya akan terus mendengarkan keinginan masyarakat, salah satunya pemecatan. Ia mengatakan timnya akan berusaha mencari peluang kerja di tempat yang memungkinkan.

Pak Mulaney mengatakan, dalam transformasi perekonomian Indonesia saat ini, penanaman modal asing atau Foreign Direct Investment (FDI) sebagian besar masuk ke sektor bawah. Namun sektor tenaga kerja terbuka akan berbeda dengan sektor padat karya seperti alas kaki, pakaian, tekstil dan lain-lain.

“Selain itu, peluang kerja baru kini tersedia di sektor digital. Kami akan terus fokus memastikan mereka yang membutuhkan mendapatkan bantuan, baik melalui bantuan sosial atau pelatihan, dan kami juga akan memperbaiki kondisi penggalangan dana. Lapangan kerja baru sedang tercipta. ,” kata Mulaney.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel