Bisnis.com, JAKARTA – Thom Jan Marinus Haye yang dikenal dengan nama Thom Haye merupakan pesepakbola keturunan Belanda-Indonesia yang berposisi sebagai bek, khususnya gelandang bertahan.

Thom Haye lahir di Amsterdam, Belanda pada tanggal 9 Februari 1995. Ia besar di negeri kincir angin.

Garis keturunan orang Indonesia berasal dari nenek moyangnya. Kakek Thom Haye diketahui berasal dari Solo, Jawa Tengah, dan neneknya berasal dari Sulawesi.

Kecintaannya terhadap sepak bola dimulai sejak usia muda, Haye belajar sepak bola di akademi sepak bola remaja AFC dan kemudian pindah ke tim muda AZ Alkmaar pada musim 2006/2007.

Seiring berkembangnya permainan, Haye akhirnya tampil reguler di tim utama AZ Alkmaar pada tahun 2014. Ia melakukan debut AZ Alkmaar saat menghadapi Ajax Amsterdam.

Sejak debutnya, Haye telah mencatatkan 73 penampilan, mencetak 5 gol dan memberikan 2 assist sebagai gelandang bertahan.

Setelah bertahun-tahun mengawal AZ Alkmaar dari masa muda hingga tim utama, Haye yang dinobatkan sebagai Profesor akhirnya meninggalkan klub dan bergabung dengan pesaing Eredivisie lainnya, Willem II selama 2016-2017.

Usai membela Willem II, Thom Haye mendapat tantangan baru saat bermain di luar Belanda, khususnya di Kejuaraan Nasional Italia membela Lecce pada 2018. Namun, satu hanya sekedar club time.

Thom Haye berstatus bebas transfer setelah meninggalkan Lecce dan memutuskan kembali ke Belanda.

Setelah kembali ke Belanda, Haye bergabung dengan klub divisi dua Kejuaraan Nasional Belanda, ADO Den Haag, pada September 2019, namun di pertengahan musim ia dipinjamkan ke NAC Breda.

Setelah dipinjamkan selama satu musim ke NAC Breda oleh ADO Deh Haag, Haye bergabung dengan SC Heerenveen pada 31 Januari 2022. Bersama klub Eredivisie Belanda, Thom memiliki statistik yang sangat baik. Dia mencetak 5 gol dan 10 assist dalam 68 penampilan untuk Heerenveen.

Setelah dua musim bersama Heerenveen, Haye kembali berstatus bebas transfer. Ia masih dikaitkan dengan klub Eropa lainnya seperti Dynamo Zagreb dan mantan klubnya, NAC Breda.

Thom Haye resmi menjadi WNI pada Senin, 18 Maret 2024 pagi, dan menjalani debutnya saat Timnas India bertemu Vietnam pada laga kualifikasi Piala Dunia Asia pada 26 Maret 2024.

Sebelum membela timnas Indonesia, Thom Haye membela timnas Belanda di level junior. Ia diketahui pernah bermain untuk tim U15, U16, U17, U19, U20, dan U21 Belanda. Namun, Thom belum bisa menembus tim senior.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel