Bisnis.com, Jakarta – Eliano Reizander resmi menerima status WNI usai diambil sumpahnya di KBRI Brussels, Belgia pada Senin (30/09/2024).

Upacara pengambilan sumpah kewarganegaraan Eliano Reisander dihadiri pemain lainnya, Miss Hilgers, dan perwakilan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kmenkumham), Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU) Kahio Rahadian Mujhar, saksi. dan Andri Hadi, Duta Besar Republik Indonesia untuk Belgia dan Uni Eropa, serta Arya Sinulina, anggota Komite Eksekutif PSSI.

Hal ini membuat Eliano bisa memperkuat timnas Indonesia di babak ke-3 kualifikasi Piala Dunia kawasan Asia melawan Bahrain dan China. Biografi Eliano Reijnders

Ia lahir pada tanggal 23 Oktober 2000 di Tampere, Finlandia dari pasangan Martin Reijnders (Belanda) dan Angelina Sayane Lekatompesi (Indonesia). Kakak Eliano merupakan gelandang AC Milan dan timnas Belanda, Tijani Rangers.

Nama lengkapnya adalah Iliano Johannes Reijnders Lekatompesi, nama yang diambil dari nama belakang ibunya yang merupakan keturunan Indonesia Ambon. Kehidupan Sepak Bola Eliano Reynders

Berposisi sebagai bek kanan, namun juga bisa ditempatkan sebagai gelandang, Eliano saat ini bermain bersama tim divisi teratas PEC Zwolle di liga Belanda (Eredivisie).

Tim yang bermarkas di MAC³PARK ini telah menjadi rumah bagi Eliano sejak tahun 2016, saat ia bergabung dengan PEC Zwolle U17 dari bekas akademinya, CSV 28. Eliano bergabung dengan akademi muda FC Twente di awal karirnya.

Pada Agustus 2022, ia dipinjamkan ke FC Utrecht U21 hingga Juni 2023. Saat ini kontraknya bersama PEC Zwolle masih berjalan hingga tahun 2025.

Dari total 94 pertandingan PEC Zwolle, Eliano mencetak 6 gol dan 7 assist di semua kompetisi.

Pada Eredivisie musim 2024/2025, Eliano tampil sebanyak 5 kali, yakni 3 kali di tim utama dan 2 kali dari bangku cadangan.

Resmi berkewarganegaraan Indonesia, Iliano Reinders kini berpeluang menunjukkan kualitasnya di level internasional bersama timnas Indonesia.

Kehadirannya di tim Merah Putih diharapkan bisa memperkuat pertahanan Indonesia, khususnya dalam upaya lolos ke Piala Dunia 2026 kawasan Asia.

Bergabungnya Eliano bersama Miss Hilgers menambah daftar pemain lokal yang diharapkan bisa memberikan kontribusi besar bagi sepak bola Indonesia.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel