Bisnis.com, JAKARTA – Momen menarik terjadi saat Wakil Presiden atau Wakil Presiden Maruf Amin membuka sidang paripurna Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) Tahun 2024.

Canda Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam sambutannya pada acara yang digelar Jumat (4/10/2024) di Auditorium Sekretariat Wakil Presiden.

Wakil Presiden RI ke-13 Arsjad Rasjid yang hadir dalam acara tersebut menanyakan apakah dirinya akan tetap menjabat sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin).

Mula-mula Ma’ruf Amin menyambut sejumlah tamu mulai dari Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, Menteri Perencanaan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Menkeu). Bappenas). ) Suharso Monoarfa dan tamu lainnya, termasuk Arsjad. 

Lalu Pak Arsjad, dia manajer Kadin ya? Pak Arsjad?, kata Ma’ruf dalam jumpa pers yang disambut gelak tawa massa.

Menteri Keuangan saat itu Shri Mulya juga sempat bercanda bahwa dirinya menyukai Arsjad Rasjid sebagai bos Kadin.

Tadi Pak Arsjad dipanggil [saksi] selaku direktur Kadin, saya juga sudah bicara dengan direktur Kadin, kata Sri Mulyani.

Shri Mulyani mengatakan Wakil Presiden Maruf Amin menanyakan siapa Ketua Kadin dalam rapat paripurna KNEKS. Karena itulah dia mencintai Arsjad Rasjid sebagai manajer Kadin.

“Waktu Pak Wapres tanya siapa pimpinan Kadin, saya jawab dia pimpinan Kadin.

Bahkan dalam pertemuan dengan Bisnis, Arsjad mengaku tertarik dengan candaan Wakil Presiden Ma’ruf dan Sri Mulyani. Ia mengaku akan tetap menjabat sebagai Ketua Kadin. 

“Saya [Luna Kadin],” ujarnya kepada Bisnis sambil tertawa.

Sebagai referensi, Kadin menghadapi permasalahan dualisme kepemimpinan. Hal ini terjadi setelah Munas Darurat 2024 atau Munaslub Kadin memilih Anindya Bakrie sebagai pimpinan Kadin periode 2024-2029 menggantikan Arsjad Rasjid.

Namun Arsjad Rasjid yang masih menjabat sebagai Ketua Kadin hingga tahun 2026 mengatakan, Anindya Bakrie terpilih menjadi Ketua Kadin pada Munas 2024 berdasarkan aturan terkait.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA channel