Bisnis.com, MANDALIKA – Komitmen BRI terhadap kelestarian lingkungan semakin ditunjukkan melalui program BRI Peduli pada ajang MotoGP Mandalika 2024, dan ajang tersebut menjadi tonggak sejarah BRI sejalan dengan upaya globalnya. Untuk melindungi lingkungan dan mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Melalui program BRI Peduli YOK KITA GAS; Pengelolaan Sampah Pada perhelatan MotoGP Mandalika 2024, hampir 300 karyawan yang dikenal dengan Pejuang YOK KITA GAS mendapat pelatihan khusus untuk mengelola sampah organik dan anorganik secara berkelanjutan. Dalam pelaksanaannya, mereka memisahkan sampah; Misi tiga hari dari tanggal 27 hingga 29 September berfokus terutama pada perekrutan dan manajemen.

Pada perhelatan MotoGP Mandalika, sampah yang berhasil dikumpulkan sebanyak 22.560 kg, terdiri dari 6.715 kg sampah organik dan 15.845 kg sampah anorganik. Pengelolaan sampah ini tidak hanya menjaga kebersihan area sirkuit, namun juga secara langsung mendukung upaya penurunan emisi gas rumah kaca. Melalui operasi pengelolaan sampah ini, emisi gas metana (CH₄) yang berhasil dikelola mencapai 3.163,94 kg dan gas karbon dioksida (CO₂) yang berhasil dikelola mencapai 7.830,74 kg.

Tidak hanya dalam pengelolaan sampah; BRI menyediakan dua unit Reverse Vending Machine (RVM) untuk mendaur ulang botol plastik, inovasi berbasis teknologi dalam program Swap Your Bottle Win Your Points. Program ini bertujuan untuk menyadarkan pengunjung akan pentingnya daur ulang dengan menawarkan insentif berupa poin yang dapat ditukarkan dengan saldo e-wallet. Pada tanggal 27 hingga 29 September 2024, botol plastik terkumpul sebanyak 65,56 kg.

Keberhasilan program ini berdampak positif pada pengurangan jejak karbon dengan emisi yang rendah setara dengan penghematan 347.094 gram karbon atau 55,39 m2. Program ini tidak hanya sekedar ajang edukasi kepada masyarakat namun juga berkontribusi langsung terhadap kebersihan lingkungan sekitar Sirkuit Mandalika.

Wakil Direktur Senior BRI Catur Budi Harto menyampaikan pandangannya atas kontribusi BRI pada MotoGP Mandalika Indonesia 2024, khususnya dalam mendukung kelestarian lingkungan. Ia mengatakan BRI berkomitmen penuh mendukung pembangunan berkelanjutan dan pelestarian lingkungan. “Program BRI Peduli YOK KITA GAS merupakan bagian dari upaya nyata kami untuk memastikan event besar seperti MotoGP Mandalika tidak hanya menjadi ajang olahraga internasional tetapi juga memberikan dampak positif bagi lingkungan,” jelasnya.

“Kami yakin BRI dapat menghasilkan perubahan perilaku masyarakat terkait pengelolaan sampah dan pengurangan karbon melalui pemanfaatan teknologi seperti Reverse Vending Machine. Kami yakin program ini dapat memberikan peluang ekonomi baru bagi warga sekitar akibat sampah. Kalau dikelola dengan baik, bisa lebih menguntungkan secara ekonomi,” ujarnya.

Komitmen BRI terhadap kelestarian lingkungan pada event besar seperti MotoGP Mandalika 2024 merupakan wujud nyata kontribusi korporasi dalam mencapai SDGs. Melalui berbagai program yang dijalankannya; BRI berharap dapat terus mendorong perubahan positif dalam pengelolaan lingkungan hidup dan memberikan dampak berkelanjutan bagi masyarakat dan ekosistem yang ada.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA channel.