Bisnis.com, JAKARTA – Mark Zuckerberg untuk pertama kalinya menjadi orang terkaya kedua di dunia pada Kamis (10/03/2024), mengungguli Jeff Bezos untuk saham Meta Platforms Inc. yang terus meningkat.

Bloomberg melaporkan bahwa kepemilikan Zuckerberg di metaverse telah terbayar dalam beberapa bulan terakhir, mendorong kekayaan bersihnya menjadi $206,2 miliar, menurut Bloomberg Billionaires Index.

Jumlah itu menempatkannya $1,1 miliar di depan Jeff Bezos dari Amazon.com Inc. raja. hanya sekitar $50 miliar di belakang Tesla Inc milik Elon Musk.

Saham Meta telah meningkat 23% sejak melaporkan tingkat penjualan yang lebih baik dari perkiraan pada kuartal kedua, seiring dengan dorongan besar pada teknologi pemodelan bahasa utama yang mendukung chatbot AI. 

Nilai terendah 582,77 Dolar AS pada Maret 2019 ditutup pada 58,77 Dolar AS.

Meta telah menghabiskan banyak uang untuk pusat data dan daya komputasi seiring dengan keinginan Zuckerberg untuk menjadi pemimpin dalam perlombaan AI di seluruh industri. 

Perusahaannya juga telah melanjutkan proyek jangka panjang lainnya, termasuk kacamata augmented reality (AR) Orion, yang diumumkan perusahaan bulan lalu.

Zuckerberg, yang memiliki 13% saham perusahaan yang berbasis di Menlo Park, California, kekayaannya meningkat menjadi $78 miliar tahun ini.

Salah satu pendiri dan CEO berusia 40 tahun ini juga naik empat peringkat tahun ini di Bloomberg Billionaires Index.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel