Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bertemu dengan Menteri Infrastruktur dan Pariwisata Jepang. bersama dengan konsultan bandara Jepang

Postingan media sosial Budi Kari menyebutkan telah dilakukan pertemuan dengan perwakilan Menteri Infrastruktur Pertanahan dan Pariwisata Jepang. dan konsultan bandara Jepang Membahas peluang kerjasama dan investasi Bandara Balikpapan dan IKN Nusantara.

“Kami membahas peluang kerja sama dan investasi di Bandara Balikpapan dan Bandara IKN Nusantara,” tulis Budi Karya, Kamis. (10/03/2024) 

Sehari sebelumnya, Budi Karya sempat berkunjung langsung ke kediaman Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masaki Yasushi. Budi Karja mengatakan kunjungannya berkaitan dengan masalah bilateral.

Adita Irawati, Sekretaris Pers Kementerian Perhubungan, mengatakan pertemuan dengan Jepang merupakan pembahasan awal dan kajian kerja sama.

“Masih tahap pembahasan dan penjajakan awal. Tidak ada yang bisa diumumkan ke publik,” jelas Adita saat dikonfirmasi Bisnis, Kamis (10/3/2024).

Dalam berita bisnis sebelumnya Sejumlah perusahaan Jepang telah menyatakan minatnya untuk membangun dan mengoperasikan beberapa bandara di Indonesia. Salah satu bandara yang diincar investor Jepang adalah Bandara Sultan Aji Muhammad Sepingan di Balikpapan.

Demikian pernyataan direktur bandara dari Direktur Jenderal Departemen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Lukman F. Laiza pada acara Air Transport Working Group (ATWG) yang dilaksanakan pada 18-20 Januari 2024 di Pullman Hotel Bandung.

Sementara itu Perusahaan-perusahaan tersebut antara lain Japan Airport Terminal Co., Ltd, JALUX Inc., Taisei dan SECOM, Ltd..

Di sisi lain, terkait Bandara IKN Nusantara, Budi Karya mengungkapkan pemerintah berencana melelang pengelolaan Bandara Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara kepada asing jika sudah rampung. Budi mengatakan, bandara tersebut nantinya akan dilelang melalui proyek Kerjasama Pemerintah-Bisnis (KPBU).

Ke depan, pengelolaan Bandara IKN akan berada di bawah kewenangan yang sama dengan Bandara Sultan Aji Muhammad Suleiman (Bandara Sepingan) Balikpapan yang saat ini dikelola oleh PT Angkasa Pura Indonesia atau InJourney Airports.

Sementara itu, PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) menyatakan siap melayani Bandara Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Injourney Airports akan menerapkan konsep multi-airport system di Bandara IKN.

Faiq Fahmi, CEO Injourney Airports, mengatakan pihaknya siap memimpin Bandara IKN jika diminta pemerintah. Faik mengatakan, konsep bandara tersebut akan menjadi sistem multi bandara.

“Ide selanjutnya, kalau kita mau buka bandara Bisa jadi konsep multi-airport system,” kata Faik di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (9/11/2024).

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel.