Bisnis.com, Nusa Dua – Setelah hampir 10 tahun dijalani, program yang dikembangkan Badan Pengelola Dana Tanaman Kelapa Sawit (BPDPKS) akhirnya membuahkan hasil. Menghasilkan hasil penelitian dari program bernama Hibah Penelitian Kelapa Sawit menarik perhatian investor dan siap untuk dikomersialkan.

Direktur Utama BPDPKS Eddie Abdurrahman mengatakan, 30 penemuan penelitian dari program tersebut siap untuk dikomersialkan. Sementara dari sisi investasi, beberapa inovasi tersebut telah mendapatkan komitmen dari investor dalam bentuk Letter of Intent (LoI).

Berdasarkan hasil penelitian dari hibah penelitian Kelapa Sawit, 30 penemuan kini siap untuk dikomersialkan dan banyak yang telah menarik minat investor dalam bentuk perjanjian kerahasiaan yang rendah, kata Ed di Palm Oil Research Week. Acara dilaksanakan pada Kamis (3/10/2024) di Bali

Diselenggarakan sejak tahun 2015, BPDPKS telah menyelenggarakan 346 kegiatan penelitian yang didanai oleh 88 lembaga Penelitian dan Pengembangan (Litbang) dan 1.212 peneliti yang tersebar di 20 provinsi Tanah Air.

Sementara itu, AD mengatakan salah satu strategi BPDPKS adalah program penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk menjamin keberlanjutan industri kelapa sawit nasional sebagai sektor strategis.

“Kelapa sawit merupakan komoditas strategis nasional. Melalui riset dan inovasi, kami berharap dapat mendorong terciptanya produk-produk baru, meningkatkan efisiensi dan memperkuat daya saing global industri kelapa sawit Indonesia,” ujarnya.

Sedangkan programnya fokus pada berbagai aspek aspek seperti aspek produktivitas, efisiensi dan keberlanjutan, percepatan penciptaan produk atau pasar baru dan peningkatan kesejahteraan petani.

BPDPKS menggandeng Asosiasi Penemu Indonesia (AII) untuk memfasilitasi proses komersialisasi hasil penelitian, dengan 30 invensi siap komersialisasi.

Ia mengatakan, BPDPKS bekerja sama dengan AII untuk menilai kesiapan teknis komersialisasi inovasi penelitian yang didanai lembaga tersebut.

Selain itu, PT KLK juga menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan internasional seperti Lipico dan Novozyme untuk menunjukkan inovasi terdepan di industri kelapa sawit.

 

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel