Bisnis.com, JAKARTA – Sayuran hijau selalu dipromosikan sebagai makanan sehat, hingga kerap muncul dalam salad bahkan menjadi menu utama sehari-hari.

Namun, para ahli pertanian dan nutrisi baru-baru ini mengidentifikasi sayuran paling sehat di dunia, bukan bayam atau kangkung yang populer.

CDC memberikan peringkat kepadatan nutrisi pada makanan berdasarkan konsentrasi vitamin dan mineral esensialnya. Sayuran yang sering disantap seperti bayam, lobak, dan lobak Swiss memiliki rating 80. 

Namun, satu-satunya sayuran yang mendapat nilai sempurna 100 adalah selada air.

Selada air tumbuh di air tawar seperti sungai dan kolam. Sayuran ini berkerabat dekat dengan kubis, sawi, lobak, dan sawi. 

Selada air memiliki rasa yang kuat dan sedikit pedas. Mengutip Health, B&W Quality Growers melaporkan bahwa selada air telah dimakan selama lebih dari tiga ribu tahun. Selada air adalah makanan pokok pada peradaban Yunani, Persia, dan Romawi kuno. 

Menurut pakar medis Amy Lee, kepala nutrisi di Nucific, selada air memiliki banyak manfaat kesehatan karena mengandung lebih banyak vitamin A dan potasium dibandingkan salad biasa. Selada air juga mengandung lebih banyak vitamin C dibandingkan jeruk.

Berkat tingginya kadar vitamin, mineral, dan antioksidan pada selada air, dapat memberikan manfaat penting bagi kesehatan. 

Misalnya saja vitamin A yang sangat penting untuk menjaga kesehatan retina dan penglihatan. Kecukupan vitamin A juga penting untuk menjaga kesehatan organ tubuh, karena sangat penting untuk pembaharuan sel.

Sayuran berdaun ini juga kaya vitamin C, yang mendukung sistem kekebalan tubuh, membantu pulih lebih cepat dari cedera, dan mendukung produksi kolagen yang sehat. Selada air juga memberikan manfaat kesehatan lainnya seperti: 1. Mengurangi risiko kanker. 

Selada air kaya akan beta-karoten dan karotenoid lainnya, yang dikenal sebagai antioksidan kuat. Seperti kebanyakan antioksidan, karotenoid membantu mengurangi jumlah radikal bebas dalam tubuh. Hal ini mengakibatkan berkurangnya stres oksidatif dan berkurangnya kemungkinan kerusakan sel, kanker, dan penyakit kronis lainnya seperti radang sendi. 2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Sayuran ini dapat membantu menunjang kesehatan jantung. Para ahli telah mengaitkan antioksidan (terutama karotenoid) dengan penurunan tekanan darah, penurunan risiko penyakit jantung, dan bahkan penurunan risiko serangan jantung dan stroke. Penelitian juga menunjukkan manfaat lain untuk kesehatan jantung: Selada air dapat membantu menurunkan kolesterol. 3. Mendukung kesehatan tulang.

Selada air merupakan sumber tiga mineral penting untuk kesehatan tulang, yaitu kalsium, potasium, dan magnesium. Kalsium merupakan mineral yang paling melimpah di dalam tubuh. Jika Anda tidak mendapatkan cukup kalsium, tulang Anda perlahan-lahan akan melemah seiring berjalannya waktu, sehingga menyebabkan osteoporosis.

Magnesium dan kalium secara tidak langsung mempengaruhi kesehatan tulang dengan mempengaruhi pertumbuhan sel tulang. Mengonsumsi mineral ini dalam jumlah yang cukup dapat membantu mengurangi kemungkinan timbulnya masalah kesehatan lebih lanjut akibat osteoporosis dan penuaan.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel.