Bisnis.com, JAKARTA – Untuk memajukan batik Indonesia, Tokopedia dan Toko Tokopedia mendukung pelaku UMKM batik dan juga memberikan pendampingan.

Desi Muharlina Bungsu, Senior Director of Fashion Apparel and Campaign di e-commerce Tokopedia dan TikTok, mengatakan sektor e-commerce tekstil memiliki lebih dari satu juta mitra UMKM. Kebanyakan dari mereka adalah batik lokal merek kecil dan ternama.

Tokopedia bergerak maju secara intensif dan saat ini terlihat menjadi yang terdepan dalam kampanye fashion seperti Tokopedia Fashion dan Tuesday Stylish.

“Tren fashion online yang sedang berkembang ini kami fokuskan untuk mendukung UKM lokal dan juga mendukung digitalisasi PKS dengan menyelenggarakan Digitally Empower Marketplace. Tak hanya itu, kami juga konsisten mendukung para perajin batik melalui Melokal With Batik,” ujarnya. .

Berbagai metode yang digunakan Tokopedia juga terbukti memberikan dampak, dengan pertumbuhan merchant Oemah Etnik dan Nona Rara masing-masing sebesar 1,5x dan 3x.

Inisiatif batik “Going Local with Batik” yang dicanangkan Tokopedia dan Toko Tokopedia telah melahirkan 500 penjual/pengrajin batik baru. Tokopedia juga mendukung para seniman batik dengan memberikan bantuan beberapa mesin seperti pengering.

Tokopedia juga berkolaborasi dengan Institut Kesenian Surakarta dan Yogyakarta untuk menciptakan desain batik yang inovatif.

Desain tersebut kemudian diberikan kepada perajin sebagai referensi baru bagi perajin yang menciptakan karya tersebut. Kerjasama dengan perusahaan pembiayaan diwujudkan dalam bentuk dukungan dan bantuan kepada pengusaha kecil dan menengah batik lokal.

Dampak dari terciptanya tren fashion online ini menyebabkan tingginya volume transaksi di beberapa daerah seperti Halmahera Tengah, Seluma dan Rokan Hilir dengan rata-rata transaksi 17 kali lipat, jelas Desi Murhalina Bungsu.

Data Toko Tokopedia kuartal III 2024 juga menyebutkan Melocal bersama Batika meningkatkan penjualan produk kain, kemeja, dan sarung secara signifikan. Daerah dengan pertumbuhan tertinggi adalah Jabodetabek, Pekalongan, dan Solo yang tumbuh hingga 50 persen.

“Melalui berbagai inisiatif yang dilakukan Tokopedia dan ShopTokopedia bersama mitra strategis kami, kami berharap semakin banyak brand fashion lokal khususnya batik yang merasakan kemudahan dan manfaat berbisnis online, dan kami berharap semakin banyak masyarakat yang bangga menggunakan produk lokal. mode.” produknya termasuk batik,” pungkas Desi (Samuel K.P. Enrichment).

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA