Bisnis.com, Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah melaporkan kesiapan prosedur pelaksanaan short sale yang dijadwalkan berlangsung pada Oktober 2024.

OJK Kebijakan Pasar Modal, Derivatif Keuangan dan Pertukaran Karbon Inarno Djajadi, OJK telah menyetujui perubahan Peraturan Efek Indonesia (BEI) No. III-I tentang margin dan/atau short sale. Peraturan lain yang dikeluarkan dalam Peraturan II-H berkaitan dengan perdagangan sekuritas dan persyaratan perdagangan margin dan perdagangan penjualan pendek.

Dengan persetujuan OJK, BEI akan menjadi implementasi Peraturan BEI No. III-I t dan Peraturan No. II-H sesuai ketentuan teknis Peraturan OJK (POJK) 6/2024 tentang pembiayaan transaksi bisnis oleh perusahaan sekuritas dan short. penjualan sekuritas real estat.

Peraturan ini mengatur ketentuan teknis tambahan, antara lain pengaturan anggota bursa yang dapat melakukan transaksi benchmark, perdagangan transaksi short-selling, transaksi short-selling untuk keuntungan sendiri, dan akumulasi keanggotaan bursa melalui short-selling.

Mengacu pada POJK 6/2024 yang akan mulai berlaku dalam waktu enam bulan sejak tanggal diundangkan, serta disetujuinya peraturan III-I dan II-H, kami berharap transaksi short sales di BEI dapat dilaksanakan. pada bulan Oktober 2024. Inarno Rabu (2/10/2024) Tulis Jawabannya dan diberikan.

Sebelumnya, BEI menyebutkan sebanyak 23 anggota bursa atau perusahaan sekuritas berminat menjadi penyelenggara short-selling. Jeffrey Hendrick, Direktur Pengembangan BEI, mengatakan pihaknya melakukan diskusi bersama dengan beberapa anggota bursa untuk menyempurnakan konten aturan bursa terkait shortselling.

Bulan lalu (14/9/2024) di BEI, Jeffrey mengatakan, “23 anggota bursa menyatakan minat menjadi anggota bursa shortselling.”

Menurut Jeffrey, aturan bursa mengatur short-selling saham, anggota bursa short, pemegang lisensi dan investor dalam bisnis.

“Ke depan, jumlah produk yang bisa dikurangi mungkin tidak sebanyak daftar produk short-selling yang telah dipublikasikan selama ini,” ujarnya.

BEI sendiri bertujuan untuk meningkatkan likuiditas short sale, fair pricing dan memungkinkan investor memanfaatkan kondisi pasar yang bergerak.

Dengan short sell, BEI menargetkan perdagangan harian naik 2% hingga 3%. Untuk saat ini, lanjutnya, BEI hanya akan mempromosikan penjualan short intraday kepada investor.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita dan The View Channel