Bisnis.com, JAKARTA – Emiten semen milik negara PT Semen Baturaja Tbk. (SMBR) meraih penghargaan prestasi istimewa kategori rasio nilai pasar pada TOP BUMN Awards 2024.

TOP BUMN Awards 2024 merupakan ajang yang diadakan Bisnis Indonesia Group sebagai salah satu bentuk apresiasi terhadap perusahaan pelat merah. Pada tahun 2024, acara tersebut bertajuk ‘Kinerja dan Keberlanjutan’. Pemenang penghargaan dinilai berdasarkan kinerja perusahaan, ide, inovasi dan inovasi bisnis di tengah situasi perekonomian global dan domestik yang terus berubah.

Semen Baturaya yang merupakan anak perusahaan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SMGR). Presiden Direktur SMBR mengatakan Sekretaris Perusahaan Hari Liandu tetap optimis mempertahankan kinerja yang solid melalui peningkatan nilai tambah dan keunggulan kompetitif. 

“Perusahaan terus menerapkan langkah-langkah cost Leadership dengan menerapkan keunggulan operasional di berbagai bidang. Kami meningkatkan kinerja peralatan, mengoptimalkan rantai pasokan, dan berkontribusi terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB),” ujarnya, Rabu (2/10/2024). .

SMBR mencatatkan volume penjualan semen sebesar 928.600 ton atau meningkat 5% pada semester I 2024 dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 888.200 ton.

Sedangkan pendapatan semester I 2024 sebesar Rp 835,1 miliar, relatif stabil dibandingkan periode yang sama tahun lalu.  Sementara beban operasional tercatat turun 17% dan beban keuangan juga turun 21% dibandingkan semester I 2023. 

Menurut dia, dinamika kondisi pasar semen yang masih mengalami kontraksi dan kelebihan pasokan menjadi tantangan bagi kinerja industri semen semester ini.

Berdasarkan data Asosiasi Semen Indonesia (ASI) periode Juni 2024, permintaan di pasar dalam negeri mengalami penurunan sebesar 0,2% year on year (YOY), khususnya pada segmen semen kantong. Meningkatkan. Volume penjualan dan keuntungan pada segmen curah serta diversifikasi produk,” kata Harry dalam siaran pers, Kamis (1/8/2024). 

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel