Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia Teten Masduki resmi membuka pameran kerajinan tangan tahun ini, Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT).

Setelah pertama kali diselenggarakan pada tahun 2022, INACRAFT October Vol.3 akan diselenggarakan selama 5 hari pada tanggal 2-6 Oktober 2024 di Jakarta Convention Center (JCC). 

Acara ini juga merupakan bagian dari acara INACRAFT yang pertama kali diadakan pada bulan April setiap tahunnya sejak tahun 1999.

Teten mengatakan, kehadiran sekitar 1.000 UMKM termasuk mitra industri, BUMN dan pemangku kepentingan lainnya pada acara tersebut menunjukkan bahwa industri kerajinan Indonesia masih terus berkembang.

“Program ini merupakan salah satu bentuk pembangunan. Sekarang generasi muda juga tertarik dengan produk kerajinan, artinya kita mempunyai landasan yang kuat dan kokoh untuk menjadikan industri kerajinan ini sebagai kekuatan perekonomian dalam negeri,” ujarnya saat peresmian INACRAFT. Oktober 2024, pada Kamis (2/10/2024).

Teten mengungkapkan, sektor kerajinan termasuk dalam tiga besar sektor ekonomi kreatif dengan kontribusi sebesar 15 persen terhadap PDB negara. Data tersebut menunjukkan bahwa sektor kerajinan merupakan salah satu penopang utama PDB Indonesia dan mempunyai potensi besar untuk terus tumbuh.

“Dan kita harus terus meningkatkan PDB karena kita berencana untuk keluar dari perangkap pajak, jebakan pendapatan menengah di antara kita. Peluang sektor jasa Indonesia tidak hanya akan memperkuat Indonesia, tetapi juga memberikan kontribusi nyata. komunitas pengrajin yang ramah, upaya global untuk mengurangi dampak lingkungan,” tambahnya.

Perhelatan INACRAFT di bulan Oktober tahun ini akan memperkuat konsep YOUTHPRENEURS sebagai wujud komitmen dan perhatian Asosiasi Pengusaha dan Produsen Indonesia (ASEPHI) terhadap generasi muda yang berkarya di dunia seni, kerajinan, dan budaya. 

Pada bulan Oktober, INACRAFT menempati seluruh area Jakarta Convention Center seluas 23.000 m² dengan total 897 booth yang berpartisipasi. Total peserta perseorangan/anggota ASEPHI sebanyak 784 peserta, dengan rincian peserta pengabdian sebanyak 80 orang, peserta perusahaan/BUMN sebanyak 27 orang, dan peserta perwakilan dari luar negeri sebanyak 6 orang.

Pameran Oktober INACRAFT Vol. Akan dibuka untuk umum pada tanggal 2 Oktober 2024 mulai pukul 10.00 s.d. 22:00 WIB dengan tiket masuk Rp 25.000. Sementara itu, pelajar bisa masuk secara gratis.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel