Bisnis.com, Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotejo mengatakan Indonesia berpeluang menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 atau 2036.

Menpora Dito Ariotejo mengatakan Indonesia menjadi kandidat tuan rumah Olimpiade Paris 2032 atau 2036.

Hal itu diketahui Dito setelah mendengar penjelasan dari Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) yang memberikan kesempatan kepada Indonesia.

Presiden IOC (Komite Olimpiade Internasional) sebenarnya sudah mengusulkan tahun 2036, kata Dito Ariotejo saat membuka konferensi pemberantasan terorisme melalui olahraga di Kuta, Kabupaten Bandung, Bali, Selasa (10 Januari 2024).

Ia mengatakan, jika Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 atau 2036, maka Jakarta dan Bali bisa dipilih sebagai tempatnya.

Ditto mengatakan kedua kawasan tersebut dinilai lengkap dan memiliki fasilitas serta akses yang memadai.

Peluang penyelenggaraan Olimpiade muncul setelah Presiden terpilih Prabowo Subanto bertemu dengan Presiden IOC Thomas Bach pada upacara pembukaan Olimpiade Paris pada Juli tahun lalu.

Dalam acara tersebut, Prabowo dan Thomas Bach membahas kemungkinan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 atau 2036.

Presiden terpilih Prabowo Subanto, di Paris untuk Olimpiade 2024, Presiden IOC Jakarta dan Bali niatnya menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 atau 2036, kata Dito:

Meski demikian, diakui Ditto, menyelenggarakan ajang sebesar Olimpiade bukanlah hal yang mudah.

Diperlukan penelitian lebih mendalam sebelum mengajukan permohonan menjadi tuan rumah Olimpiade.

“Ada proses-proses yang perlu dianalisa lebih dalam, tentu analisanya terus berjalan dan kita lihat efektivitasnya dulu, tapi passionnya adalah bagaimana Indonesia mempersiapkan diri menjadi tuan rumah Olimpiade ke depan,” kata Dito.

Dito menambahkan, Indonesia juga punya pengalaman menjadi tuan rumah MotoGP di Sirkuit Mandalika dan Piala Dunia Bola Basket 2023.

Selain itu, Indonesia dinilai sukses menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 dan Asian Games 2018.

Indonesia selanjutnya akan menjadi tuan rumah Kejuaraan Senam Dunia pada tahun 2025.

Simak berita dan artikel lainnya dari Google News dan WA Channel.