Bisnis.com, JAKARTA – Prima Pramac Racing Jorge Martin mengungkapkan perasaannya terjatuh di Sirkuit Mandalika meski menjuarai MotoGP Indonesia 2024.

Pebalap Pramac Racing Jorge Martin memenangi balapan MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (29/9/2024) sore.

Meski menang, Martin merasa “terbangun” dari setiap tikungan di sirkuit Mandalika sepanjang 4,3 km itu.

Kerusuhan di Sirkuit Mandalika dipicu setelah Martin gagal meraih kemenangan besar di MotoGP Indonesia 2023.

Pembalap asal Spanyol itu terjatuh di tikungan 11 pada lap 14 saat memimpin balapan.

Momen tersebut semakin menakjubkan karena terjadi saat perebutan gelar juara MotoGP 2023 bersama pebalap Ducati Lenovo Francesco di Ghana.

Di MotoGP Mandalika 2024, Martin kembali mengulangi kesalahannya pada pertemuan sprint race, Sabtu (28/9/2024).

Martin yang memimpin klasemen poin harus turun ke T16 di lap pertama. Bagnia memanfaatkan peristiwa ini untuk memenangkan perlombaan sprint.

“Setelah kecelakaan terakhir kali, hari ini adalah balapan yang sulit. Setelah kecelakaan kemarin [sprint race] lagi. Setelah 13 detik, saya memikirkan beberapa hantu di usia 11 dan setelah 16 musim,” kata Jorge Martin, dikutip di MotoGP. halaman, Senin (30/9/2024).

Pada pertemuan balapan utama, Martin bertekad tidak mengulangi kesalahannya untuk ketiga kalinya.

Martin sudah berada di posisi pertama sejak awal balapan. Ia sangat berhati-hati di setiap sudut Kabupaten Mandalika, apalagi saat ia menginjak usia 11 dan 16 tahun.

Hingga akhirnya Martin menyelesaikan balapan dengan baik dan menjadi juara MotoGP Indonesia 2024.

Ini merupakan kemenangan ketiga Martin tahun ini, dan yang pertama di sirkuit Mandelica.

“Saya berusaha sangat berhati-hati. Ada banyak angin yang datang dari samping di bagian itu. Sulit bagi saya untuk berbelok,” ujarnya.

Usai memenangi balapan, Martin merayakannya dengan mencium aspal di Tikungan 16 Sirkuit Mandelica bersama para marshal yang mengelilinginya. Dia bahkan kesulitan untuk kembali ke panggung setelah pesta.

“Saya tahu itu bukan yang pertama karena Peko [Bagnia] melakukan hal yang sama di Monmelo. Saya benar-benar mencium tanah. Fans di Indonesia gila. Panas sekali” dan mereka tidak mengizinkan saya berlari di atas panggung, katanya. Menelan.

Ada lima balapan MotoGP 2024, yang terdekat dilangsungkan di Sirkuit Motegi Jepang pada akhir pekan ini.

Musim lalu, Mutagi menjadi sirkuit yang didominasi Martin dengan menjadi yang tercepat di gaya bebas 1, kualifikasi, sprint race, dan balapan utama.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel