Bisnis.com, JAKARTA – Pengambil kebijakan Federal Reserve (Fed) berkeinginan untuk menurunkan suku bunga secara signifikan pada tahun 2024. Bulan November berubah menjadi positif pada minggu depan ketika Ketua Fed Jerome Powell berbicara dengan para ekonom dan pemerintah merilis data ketenagakerjaan baru.

Ketua Federal Reserve Jerome Powell akan membahas prospek perekonomian AS pada konferensi National Business Economics Association pada Senin (29/9/2024). Tahun 2024 diperkirakan akan terjadi pada akhir minggu ini. Laporan pekerjaan bulan September menunjukkan pasar tenaga kerja yang sehat namun moderat.

Menurut median survei ekonom Bloomberg, gaji di negara dengan perekonomian terbesar di dunia tumbuh sebesar 146.000, angka yang sama seperti pada bulan Agustus, Bloomberg melaporkan pada hari Minggu (pertumbuhan rata-rata AS mendekati tingkat yang lebih lemah pada 30.09.2024). mulai pertengahan tahun 2019

“Tingkat pengangguran mungkin tetap di 4,2 persen dan rata-rata upah per jam akan meningkat 3,8 persen dibandingkan tahun lalu,” tulis Bloomberg, Minggu (29/9/2024).

Kerusuhan tenaga kerja baru-baru ini menunjukkan bahwa laporan pekerjaan pada hari Jumat bisa menjadi pembacaan akhir pasar tenaga kerja AS menjelang pertemuan kebijakan The Fed pada tahun 2024. pada awal November.

Boeing Co. pekerja pabrik pesawat terbang. pemogokan pada tahun 2024 pada pertengahan September. Pada saat yang sama, pekerja pelabuhan di pantai Atlantik dan Teluk mengancam akan mogok mulai tanggal 1 Oktober.

Selain laporan gaji bulanan yang besar, data lowongan pekerjaan pada hari Selasa (1/10) diperkirakan menunjukkan bulan Agustus mendekati level terendah sejak awal tahun 2021.

Para ekonom juga fokus pada tingkat pengunduran diri dan PHK untuk mengukur sejauh mana penurunan permintaan tenaga kerja.

“Kami memperkirakan angka utama yang kuat untuk non-farm payrolls pada bulan September, yang bahkan mungkin menghidupkan kembali pembicaraan mengenai penurunan perekonomian AS.” “Namun, kami percaya bahwa angka berita utama melebih-lebihkan kekuatan pasar tenaga kerja, sebagian karena perkiraan yang berlebihan terkait pola kelahiran-kematian BLS dan sebagian lagi karena efek musiman yang bersifat sementara,” kata Anna Wong, Eliza Stuart Paul. Winger, Estelle Ou, dan Chris G. Collins, Ekonom Bloomberg.

Kajian industri juga membantu memperjelas permasalahan lapangan kerja di sektor swasta. Institute for Supply Management akan merilis survei manufaktur untuk bulan September pada hari Selasa, diikuti dua hari kemudian oleh indeks jasa, yang mencakup ukuran lapangan kerja AS. 

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel