Bisnis.com, JAKARTA – Pengelola Domain Internet Indonesia (Pandi) mengklaim domain Internet Indonesia atau .id paling banyak digunakan di Asia Tenggara (Asean), melampaui domain luar negeri .com. 

Sekadar informasi, Pandi merupakan organisasi nirlaba yang mengelola nama domain tingkat atas (.id) Indonesia dan domain tingkat kedua tingkat bawah, seperti my.id, biz.id, dll. Pandi didirikan oleh Masyarakat Internet Indonesia dan pemerintah pada tanggal 29 Desember 2006 untuk menjadi pendaftar domain .id.

Ketua Pandi John Sihar Simanjuntak mengatakan, jumlah pengguna .com di Indonesia mengalami peningkatan, hal ini membuktikan permintaan domain .id semakin meningkat dari tahun ke tahun. Tidak hanya di dalam negeri, namun di berbagai negara. 

“Bahkan dengan pendaftar lebih dari 950.000, kami tetap mempertahankan posisi sebagai juara Asia Tenggara dan mengalahkan Vietnam mulai tahun 2021,” kata John seperti dikutip, Kamis (26/9/2024).

Selain itu, berdasarkan data yang diperoleh dari laporan statistik PANDI Agustus 2024, 3 teratas pangsa pasar domain .id di urutan pertama adalah my.id 353.580 atau 37%, disusul ~.id 28% dan biz.id pada . 13%.

John mengatakan, keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan aktif pemerintah dan mitra registrasi serta literasi digital yang sangat digalakkan Pandey kepada berbagai institusi pendidikan, UMKM, dan masyarakat umum melalui seminar, webinar, dan berbagai program. 

John juga menjelaskan keberhasilan domain .id mengalahkan .com memberikan dampak positif bagi ekosistem digital di Indonesia. 

Selain meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kemandirian digital dan pemanfaatan sektor lokal, keberhasilan ini juga membantu perusahaan dan pelaku usaha untuk memperkuat identitasnya di pasar lokal dan internasional.

Diketahui pertumbuhan domain .id di Indonesia masih menunjukkan tren positif, hal ini terlihat pada pasar domain .id dalam tiga tahun terakhir. 

Berdasarkan data Asia Pacific Level Domain Association (APTLD) pada Januari 2022, .com mencapai 36% dan .com mencapai 51%. Kemudian pada Januari 2023, persentase keduanya tidak jauh berbeda, yakni 41% untuk domain .id dan 45% untuk domain .com.

Pertumbuhan konstan tersebut pun membuahkan hasil manis pada Januari 2024, dimana pangsa pasar .id sebesar 48% mampu melampaui .com yang sebesar 40%.

Simak berita dan artikel lainnya di Google Berita dan saluran WA