Bisnis.com, JAKARTA – Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) mengklaim domain Internet Indonesia atau .id menjadi domain yang paling banyak digunakan di Asia Tenggara (Asean), melampaui domain .com luar negeri. 

FYI, Pandi adalah organisasi nirlaba yang mengelola nama domain tingkat atas (.id) Indonesia dan domain tingkat kedua hilir seperti my.id, biz.id, dll. Pandi didirikan oleh komunitas Internet Indonesia pada tanggal 29 Desember 2006 bersama pemerintah untuk menjadi pendaftar domain .id.

John Sihar Simanjuntak, Presiden Pandi, mengatakan jumlah pengguna .com di Indonesia semakin meningkat, membuktikan bahwa domain .id semakin banyak peminatnya setiap tahunnya. Tidak hanya di dalam negeri, tapi juga di berbagai negara. 

“Bahkan dengan lebih dari 950.000 pendaftar domain, kami tetap mempertahankan posisi sebagai juara Asia Tenggara dan mengalahkan Vietnam mulai tahun 2021,” kata John seperti dikutip, Kamis (26/09/2024).

Selain itu, berdasarkan laporan statistik PANDI Agustus 2024, 3 besar pangsa pasar domain .id untuk posisi pertama adalah my.id dengan 353.580 atau 37%, disusul ~.id dengan 28% dan biz.id dengan 13%.

John mengatakan keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan aktif pemerintah dan mitra registri, serta literasi digital yang ditanamkan Pandi secara intensif ke berbagai lembaga pendidikan, UKM, dan masyarakat umum melalui workshop, webinar, dan berbagai program lainnya. 

John juga menjelaskan keberhasilan domain .id menyalip .com memberikan dampak positif yang signifikan terhadap ekosistem digital Indonesia. 

Selain meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kemandirian digital dan pemanfaatan domain lokal, pencapaian ini juga membantu perusahaan dan pelaku usaha memperkuat identitas mereknya di pasar lokal dan global.

Diketahui pertumbuhan domain .id di Indonesia terus menunjukkan tren positif, hal ini terlihat dari pangsa pasar domain .id dalam tiga tahun terakhir. 

Pada Januari 2022, domain .id mencapai 36%, sedangkan .com mencapai 51%, menurut Asia-Pacific Association of Top-Level Domains (APTLD). Kemudian pada Januari 2023, persentase keduanya tidak jauh berbeda, yakni 41% untuk domain .id dan 45% untuk domain .com.

Pertumbuhan yang konsisten ini pun membuahkan hasil pada Januari 2024, dimana pangsa pasar domain .id sebesar 48% berhasil menyalip .com yang sebesar 40%.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel