Bisnis.com, JAKARTA — Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berada pada fase antiklimaks setelah terus menerus memecahkan rekor baru. Salah satu alasannya adalah untuk mendapatkan keuntungan dari investor.

Level tertinggi atau All Time High (ATH) IHSG berada di level 7.900 pada pekan lalu pada Kamis (19/09/2024). Indeks komposit turun 1,13 persen selama seminggu terakhir, meskipun masih naik 6,44 persen tahun ini.

Saham-saham berkapitalisasi besar atau large-cap mengalami penurunan. PT Barito Energi Terbarukan Tbk. (BREN) misalnya turun 34,97%. Sedangkan PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) melemah 0,47% dan PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMN) melemah 1,93%.

Ulasan koreksi harga saham perusahaan-perusahaan besar yang dinilai sedang mengambil untung setelah mencapai rekor tertinggi menjadi salah satu pilihan Bisnisindonesia.id, selain berita ekonomi dan bisnis yang dikemas secara mendalam dan analitis dari Bisnisindonesia. edisi .id.

Berikut intisari 5 berita teratas Bisnisindonesia.id pilihan redaksi, Jumat (27-09-2024).

 

Mengatasi hambatan proyek batubara DME

Di Indonesia, proyek hilirisasi batu bara berupa gasifikasi yang mengubah emas hitam menjadi produk gas atau dimetil eter (DME) masih belum menemui kemajuan.

Meski pemerintah telah menyiapkan tiga insentif besar untuk mendorong hilirisasi batu bara di Tanah Air, termasuk untuk proyek DME, namun rencana untuk menambah nilai emas hitam masih belum terealisasi.

Khususnya untuk DME, pemerintah bahkan telah memulai proyek gasifikasi sebagai alternatif pengganti bahan bakar gas cair (LPG), yang mana hingga 6 juta ton diimpor setiap tahunnya.

Kapasitas produksi LPG dalam negeri diproyeksikan sebesar 1,97 juta ton per tahun pada tahun 2024, sementara permintaan dalam negeri terus meningkat hingga lebih dari 8,5 juta ton, sehingga impor LPG terus meningkat.

Namun kenyataannya proyek DME masih mengambang bahkan bisa dikatakan terancam gagal, apalagi setelah Air Products & Chemical Inc. mengumumkan mundur dari proyek DME yang akan dikerjakan oleh PT Bukit. Asam Tbk oleh (PTBA) bersama PT Pertamina (Persero) dan proyek gasifikasi batu bara menjadi metanol bersama anak usahanya PT Bumi Resources Tbk. (BUMI), PT Kaltim Prima Batubara (KPC).

 

Hati-hati, investor menjamin keuntungan di pasar saham

Indeks Saham Gabungan (IHSG) yang cenderung konsolidasi dan jelang pelantikan presiden membuat investor cenderung melakukan aksi ambil untung.

Hal ini sejalan dengan pernyataan perbankan investasi Amerika Serikat (AS), J.P. Morgan menyarankan investor untuk membatasi sebagian keuntungannya setelah reli pasar saham Indonesia baru-baru ini.

Lebih lanjut, JP Morgan menyarankan investor untuk lebih fokus pada saham-saham berkualitas karena faktor risiko politik dapat menyebabkan volatilitas pasar.

“Pengumuman kabinet baru pasca pelantikan Presiden terpilih Prabowo Subianto pada 20 Oktober 2024 dan pemilu AS pada November 2024 kemungkinan besar akan menimbulkan risiko penurunan,” tulis analis J. Morgan Henry Wibowo dalam laporannya yang dikutip Bisnis.com seperti dilansir Bloomberg. 

Namun, JP Morgan tetap positif terhadap prospek jangka panjang pasar saham Indonesia. Mereka merekomendasikan untuk lebih fokus pada nama emiten berkualitas dengan ulasan laba bersih positif.

 

Indonesia dan Jepang sedang memasuki fase pemerintahan baru

Pasca pengunduran diri Perdana Menteri Fumio Kishida pada awal September, Jepang akan memasuki periode pemerintahan baru. Sekitar awal Oktober 2024, posisi perdana menteri baru akan dilantik.

Situasi ini berarti Jepang dan Indonesia akan berada pada tahap yang sama dalam hal pergantian kepemimpinan. Presiden baru terpilih Prabowo Subianto akan segera dilantik pada 20 Oktober 2024.

Artinya, setelah terbentuknya pemerintahan baru di Jepang, terdapat jeda waktu sekitar 20 hari, yang akan disusul dengan terbentuknya pemerintahan di Indonesia.

Hal tersebut diumumkan pada Kamis (26/09/2024) oleh Ryutaro Kubo, Sekretaris Ketiga Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, saat mengunjungi kantor Bisnis Indonesia.

Ryutaro Kubo, Sekretaris Ketiga Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, saat berkunjung ke kantor Business Indonesia pada Kamis (26/09/2024). Bisnis/Eusebio Chyrsnamurti

Kubo mengatakan partai yang berkuasa di Jepang, Demokrat Liberal, atau Partai Demokrat Liberal (LDP), akan mengadakan pemilihan umum presiden pada Jumat (27/09/2024) untuk memutuskan pengganti jabatan perdana menteri yang juga saat ini dijabat. oleh perdana menteri. Menterinya adalah Fumio Kishida.

 

Produsen komponen otomotif mulai mendapatkan pasar ekspor

Pelonggaran kebijakan moneter yang dilakukan Bank Indonesia (BI) dan Federal Reserve melalui penurunan suku bunga memberikan keuntungan bagi emiten sektor komponen otomotif.

Mereka mengembangkan strategi untuk meningkatkan penjualan. Produsen tidak hanya bersaing di pasar dalam negeri, mereka juga bersiap mempercepat ekspor ke berbagai negara.

PT Dharma Polimetal Tbk. (DRMA) siap tancap gas untuk mendongkrak penjualan ketika tarif dasar diturunkan. Presiden DRMA Irianto Santoso mengatakan penurunan suku bunga akan berdampak positif bagi industri otomotif. 

Sementara itu, di pasar domestik, DRMA membuka peluang untuk meningkatkan pangsa pasar dengan meluncurkan model-model baru di masa depan. 

 

Kontroversi pengumpulan pajak tetap IPL

Rencana pengenaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) atas Biaya Pengelolaan Apartemen (IPL) apartemen mendapat penolakan dari pemilik dan penghuni apartemen.

Namun Direktorat Jenderal Pajak Daerah Jakarta Barat Kementerian Keuangan pada Kamis (26/9/2024) akhirnya membatalkan rencana sosialisasi online akibat diberlakukannya pajak pertambahan nilai (PPN) atas jasa pengelolaan apartemen.

Berdasarkan surat Bisnis yang diterima dari salah satu penghuni apartemen, Suku Dinas Umum Pajak Kementerian Keuangan Kabupaten Jakarta Barat mengundang pengelola apartemen di Jakarta Barat untuk mengikuti asosiasi online yang digelar pada Kamis, 26 September. , 2024 pukul 09.00 WIB. 

Terlampir dalam surat tersebut adalah 19 Persatuan Pemilik dan Penghuni Rumah Susun (P3SRS) yang terdaftar sebagai undangan, yaitu: P3SRS Mixed Commercial Seasons City Jakarta, Apartemen Permata Executive, Apartemen Grand Tropic, Apartemen Westmark, Apartemen Mediterranean Garden Residence 1, Apartemen Garden Residence 1, Apartemen Mediterania dan Royal Mediterranean Garden Residences. 

Kemudian: Grand Madison, Taman Anggrek Residences, Apartemen Taman Anggrek, Central Park Residences, Apartemen Latumenten Tower, Apartemen Neo Soho, Belmont Residences Tower Everest, Apartemen Athena dan Montblanc, Veranda Residence Puri, Apartemen Puri Garden, dan Apartemen Maqna Residence.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel