Bisnis.com, JAKARTA – Hawaiian Airlines, maskapai penerbangan terbesar di Hawaii, menawarkan Wi-Fi Starlink berkecepatan tinggi dan latensi rendah gratis kepada seluruh penumpang, sesuai kesepakatan antara Elon Musk dan United Airlines.

Jumat (27/9/2024), ketersediaan Wi-Fi gratis di seluruh penerbangan Maskapai terjadi beberapa minggu setelah United Airlines menawarkan layanan Internet Starlink gratis di lebih dari 1.000 penerbangan tahun depan, mengutip CNET.

Kini, Hawaiian Airlines menjadi maskapai penerbangan besar pertama yang menggunakan layanan internet satelit Elon Musk, yang menggunakan lebih dari 7.000 satelit di orbit rendah bumi untuk menyalurkan internet berkecepatan tinggi ke seluruh dunia.

Menurut blog resmi Hawaiian Airlines, maskapai ini menawarkan layanan WiFi gratis kepada penumpang di semua penerbangan yang dioperasikan oleh Airbus antara Amerika Serikat (AS), pulau-pulau, dan benua di Asia dan Oseania.

Hawaiian menjadi maskapai penerbangan besar AS pertama yang meluncurkan Starlink pada Februari lalu dengan pesawat Airbus A321neo. Kini, maskapai tersebut telah menyelesaikan pemasangan Starlink pada 24 pesawat Airbus A330.

Evan Nomura, direktur hiburan dalam penerbangan dan konektivitas serta produk di Hawaiian Airlines, mengatakan penumpang dapat dengan mudah terhubung ke Starlink saat mereka naik ke pesawat.

Evan menjelaskan, pengalaman Internet Starlink pada penerbangan Hawaiian Airlines serupa dengan pengalaman penumpang yang terhubung ke Internet rumah. Apalagi layanan internet ini juga memiliki kecepatan yang sesuai untuk bekerja, streaming video, dan bermain game.

“Menjadi maskapai besar pertama yang menawarkan Starlink secara gratis kepada penumpang merupakan pencapaian besar bagi tim kami, dan kami senang dengan respon positif dari para tamu yang telah menikmati konektivitas terdepan di industri kami,” kata Ivan dalam keterangan resmi. .

Sejak diperkenalkan pada armada udara Airbus, Starlink telah memberikan kinerja tak tertandingi tanpa gangguan layanan di seluruh wilayah Samudera Pasifik.

Hawaiian juga akan memasang Starlink pada armada Boeing 787-9 andalannya. Namun tidak pada pesawat Boeing 717 yang digunakan untuk penerbangan jarak pendek antar Kepulauan Hawaii.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel