Bisnis.com, JAKARTA – Bursa Efek Indonesia (BEI) PT Sona Topas Tourism Industry Tbk telah mencabut suspensi saham. (END) memulai perdagangan hari ini. Sementara itu, BEI menghentikan sementara perdagangan saham PT Mitra Energi Persada Tbk. (KOPI). 

Sementara BEI menghentikan sementara perdagangan SONA pada Rabu (25/25/2024). Saham SONA dibuka BEI untuk perdagangan Kamis (26/9/2024), saham SONA kembali bisa diperdagangkan hari ini.

Saham emiten yang tergabung dalam grup Mayapada itu kembali menguat pasca-suspendnya. Hingga pukul 11.04 WIB, SONA menguat 25% atau Rp 4.350 per saham. Pada level tersebut, SONA melonjak 239,84% dalam sebulan terakhir. 

Perkembangan lainnya, BEI melakukan suspensi saham KOPI karena terjadi kenaikan harga keseluruhan yang cukup signifikan. Alhasil, pada hari ini, Kamis (26/9/2024), perdagangan saham KOPI dihentikan sementara di seluruh pasar.

Melansir RTI Business, harga saham produsen gas alam KOPI naik 15,24% pada perdagangan kemarin dan ditutup pada Rp484 per saham pada Rabu (25/9/2024). Dalam sebulan, harga saham KOPI juga mengalami kenaikan sebesar 95,16%.

Penghentian sementara perdagangan saham KOPI dilakukan sebagai bentuk perlindungan investor.

“Penghentian sementara perdagangan saham KOPI ini dilakukan di pasar reguler dan pasar tunai sehingga memberikan waktu yang cukup bagi pelaku pasar untuk mengkaji secara cermat setiap keputusan investasi berdasarkan informasi saham KOPI yang tersedia,” tulis BEI. Dalam keterangannya, Kamis (26/9/2024).

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA channel