Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI tidak menambah jumlah perjalanan LRT Jabodebek harian per minggunya.

Manager Hubungan LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono mengatakan, peningkatan perjalanan LRT Jabodebek pada bulan ini hanya terjadi pada hari kerja.

Jumlah perjalanan LRT Jabodebek saat ini sebanyak 336 perjalanan per hari pada hari biasa. Tn. Mahendro mengatakan jumlah perjalanan meningkat 28 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Ia melanjutkan, jumlah perjalanan LRT Jabodebek selama sepekan tidak mengalami perubahan dibandingkan bulan lalu. LRT Jabodebek akan menjalankan 260 perjalanan terjadwal per hari selama akhir pekan.

Mahendro mengatakan, jumlah perjalanan di akhir pekan tidak bertambah karena jumlah pengguna LRT Jabodebek selama seminggu lebih banyak dibandingkan akhir pekan.

Senada dengan hal tersebut, KAI menyebut jumlah pengguna LRT Jabodebek pada akhir pekan dapat disesuaikan dengan kondisi lalu lintas yang ada.

“Ini juga memberikan peluang untuk perbaikan bangunan agar tetap andal selama seminggu,” kata Mahendro saat dihubungi, Senin (6/5/2024).

Selain itu, KAI juga menambah jumlah kereta operasional harian yang dijadwalkan di LRT Jabodebek seiring dengan peningkatan jumlah perjalanan. Namun, Mahendro mengatakan kenaikan ini hanya dilakukan pada minggu dan periode puncak LRT Jabodebek.

Dikatakannya, selama ini KAI telah mengoperasikan 20 KA dan 4 KA dirawat setiap harinya. Jumlah kereta yang beroperasi bertambah dari 18 stasiun dan 4 kereta.

“Kereta yang beroperasi bertambah 2 hingga 20. Namun hanya pada minggu dan waktu puncak pukul 06.00 – 08.59 WIB dan 16.00 – 19.59 WIB,” jelas Mahendro.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel