Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah China mengumumkan akan memberikan bantuan sosial (bansos) berupa hibah tunai satu kali kepada warganya yang paling miskin.

Mengutip Bloomberg, Kamis (26/9/2024), dalam pemberitaan saluran televisi China CCTV, Kementerian Keuangan dan Kementerian Urusan Masyarakat akan memberikan bantuan keuangan langsung (BLT) kepada kelompok miskin termasuk masyarakat miskin dan tidak mampu. anak yatim piatu menjelang libur Hari Raya minggu depan.

Pemerintah daerah harus memastikan bahwa dana tersebut sampai ke penerima yang dituju paling lambat tanggal 1 Oktober, yang merupakan hari peringatan berdirinya Republik Rakyat Tiongkok. Hal ini untuk menunjukkan rasa cinta dan kepedulian partai dan pemerintah terhadap masyarakat yang membutuhkan, kata laporan itu.

Meskipun jumlahnya tidak diketahui, bantuan satu kali dalam jangka pendek tampaknya merupakan sebuah langkah maju bagi pemerintah yang telah lama menghindari apa yang disebut oleh Presiden Xi Jinping sebagai kesejahteraan sosial. 

Pengumuman tersebut muncul tak lama setelah pejabat tinggi moneter dan fiskal negara tersebut mengumumkan serangkaian penurunan suku bunga dan langkah-langkah pelonggaran yang bertujuan untuk mencegah resesi.

Sementara itu, Kantor Berita Xinhua melaporkan bahwa pemerintah pusat memerintahkan sejumlah tunjangan jaminan sosial bagi siswa yang belum mendapatkan pekerjaan setelah dua tahun lulus dalam upaya meningkatkan kesempatan kerja.

Program bantuan tersebut dikatakan sebagai tanda perhatian Xi terhadap kelompok yang paling menderita menjelang peringatan 75 tahun berdirinya Republik Rakyat Tiongkok oleh Partai Komunis, kata Neo Wang, direktur eksekutif dari Penelitian Baru Tiongkok.

“Dari sisi bantuan keamanan masyarakat, peluncurannya bertujuan untuk menjaga stabilitas masyarakat menjelang hari raya,” imbuhnya.

Data pemerintah Tiongkok pada bulan April 2024 mencatat bahwa kementerian Tiongkok telah menganggarkan 154,7 miliar yuan, atau $22 miliar, untuk bantuan keuangan dan bantuan kepada orang-orang yang sangat miskin, anak yatim piatu, dan tuna wisma pada tahun ini.

Sementara itu, Kementerian Urusan Masyarakat menyatakan Tiongkok akan memiliki 4,74 juta orang yang hidup dalam kemiskinan ekstrem pada Juli 2024.

Hari Nasional adalah salah satu hari libur terpenting di Tiongkok, sering kali ditandai dengan banyaknya perjalanan dan pengeluaran. Namun penurunan di sektor barang dan pasar tenaga kerja yang mengecewakan telah membebani pengeluaran, sehingga mendorong beberapa ekonom menyerukan kebijakan moneter yang lebih cepat untuk meningkatkan kesadaran.

Huang Yiping, anggota komite kebijakan moneter Bank Rakyat Tiongkok (PBOC), mendesak pemerintah untuk meningkatkan belanja guna melawan belanja yang sangat rendah, dan mengkritik kebijakan ekonomi Tiongkok pada awal tahun ini. 

Dia mengatakan memberikan uang kepada rumah tangga dapat meningkatkan belanja konsumen, sementara terlalu fokus pada kesehatan keuangan dapat menghambat perekonomian.

Ketika bank sentral terus mengejutkan pasar dengan paket stimulus fiskalnya, perhatian kini beralih ke Departemen Keuangan. Langkah-langkah fiskal yang lebih besar kemungkinan akan dilakukan dalam beberapa hari mendatang ketika Politbiro Xi yang beranggotakan 24 orang bertemu sebelum reses akhir pekan.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita dan saluran WA