Bisnis.com, JAKARTA – Perselisihan internal di Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) menimbulkan kekhawatiran di kalangan serikat pekerja dan karyawan. Konflik ini dikhawatirkan dapat mempengaruhi penetapan upah minimum (UMP) hingga tahun 2025.

Dhaniswara K. Harjono, Deputi Hukum dan Hak Asasi Manusia Kamar Dagang dan Industri Indonesia, mengatakan kekhawatiran yang muncul atas perselisihan tersebut adalah hal yang wajar. Selain itu, kekhawatiran tidak hanya dirasakan oleh pekerja, namun juga oleh usaha kecil, usaha kecil dan calon investor asing.

“Kami juga tidak menginginkan hal seperti itu,” kata Danis Menara saat jumpa pers di Kadin, seperti dikutip Kamis (26/09/2024).

Lebih lanjut dia menyatakan, dirinya tidak ingin konflik ini terjadi di lingkungan Kadin Indonesia karena pengaruh partainya yang kuat di berbagai sektor. 

Selain itu, Kamar Dagang dan Industri Indonesia merupakan organisasi yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1987 (UU Kadin) dan disahkan melalui Keputusan Presiden Nomor 400 yang berfungsi sebagai wadah mitra strategis pengusaha dan pemerintah. 2022 18 Kadin Indonesia tentang AD/ART, dimana M. Arjad Rasjid PM merupakan Ketua Umum Kadin Indonesia terpilih periode 2021-2026.

Karena kita tahu dengan jelas dampaknya luar biasa, karena landasan Kadin adalah undang-undang, landasannya adalah pengesahan dalam bentuk Perpres, lanjutnya.

Danis mengatakan, Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) yang digelar pada 14 September 2024 digelar tanpa sepengetahuan Direksi Kadin Indonesia. 

Ia mengatakan, pihaknya tidak diundang dalam konferensi nasional sehingga tidak ada yang datang dalam acara tersebut. Dalam praktiknya, lanjut Danis, agenda utamanya adalah akuntabilitas dewan.

“Saya anggota dewan direksi. “Tapi tanggung jawabnya apa, tidak ada suratnya,” ujarnya. 

Konflik ini bermula dari diangkatnya Anindya Bakria sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia periode 2024-2029 melalui konferensi nasional yang digelar pada Sabtu (14/09/2024). Ia menggantikan Arsjad Rasjid yang saat itu menjabat Ketua Umum Kadin Indonesia periode 2021-2026. 

Sebagai informasi, Arsjad terpilih melalui pemungutan suara sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia periode 2021-2026 berdasarkan keputusan bersama pada Sidang VIII. Munas Kadin Indonesia dilaksanakan pada tanggal 30 Juni 2021 di Kendari. , Sulawesi Tenggara.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani berharap konflik internal di Kadin Indonesia segera teratasi. Ada kekhawatiran bahwa hal ini dapat mempengaruhi perdebatan upah minimum tahun 2024.

Bukan tanpa alasan. Andi Gani mengatakan, pembahasan UMP dan UMR dihadiri oleh kelompok buruh, dewan pengupahan, dan Persatuan Pengusaha Indonesia yang tergabung dalam Kadin.  

Saya sangat prihatin dengan Munas Kadin karena ini terkait dengan penghitungan upah minimum ke depan, kata Andi usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (8/7). 17). /09/2024). 

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA