Bisnis.com, JAKARTAS – Hyundai Motor Company dan Kia Corporation mengumumkan kemitraan teknologi strategis dengan Samsung Electronics untuk meningkatkan integrasi antara software-ned vehicle (SDVs) dan smartphone pintar. Tujuannya adalah menjadi pemimpin dalam ekosistem layanan mobilitas.

Hyundai Motor dan Kia sedang mempersiapkan era SDV, mengharapkan fasilitas on-board yang lebih luas. Untuk mencapai tujuan ini, mereka sedang mengerjakan sistem infotainment generasi berikutnya dan ekosistem mobilitas terbuka bekerja sama dengan 42dot, pusat perangkat lunak global Hyundai Motor Group.

Inisiatif ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan dalam mobil yang berorientasi pada pengguna dan meningkatkan konektivitas sistem infotainment, yang diperkirakan akan diluncurkan pada tahun 2026.

“Tujuan kami adalah untuk memperkaya pengalaman mobilitas pelanggan Hyundai Motor dan Kia dengan mengintegrasikan kendaraan dengan ponsel pintar untuk menawarkan layanan yang dipersonalisasi di luar transportasi.” kata Chang Song, presiden dan kepala divisi Advanced Vehicle Platform (AVP) Hyundai Motor Group, seperti dilansir Hyundai.com Kamis (26/9/2024). Sebagai hasil dari perjanjian tersebut, Hyundai Motor dan Kia akan menggunakan SmartThings dari Samsung Electronics untuk mengembangkan teknologi yang secara organik menghubungkan SDV dan ekosistem ponsel pintar.

Dengan berintegrasi dengan platform Internet of Things (IoT) global, mereka bertujuan untuk memperkaya pengalaman mobilitas pelanggan, menghubungkan seluruh pengalaman berkendara ke ponsel pintar, dan mempercepat transisi ke SDV.

Paul Cheung, Presiden CTO Divisi DX Samsung Electronics dan Kepala Riset Samsung, mengatakan berkat kemitraan Samsung dengan Hyundai dan Kia, pelanggan akan merasakan kenyamanan SmartThings tidak hanya di rumah, tetapi juga di dalam mobil.

“Kami akan terus memperluas ekosistem SmartThings, menghadirkan gaya hidup dan nilai baru kepada lebih banyak pelanggan,” ujarnya.

Hyundai Motor, Kia dan Samsung Electronics siap meluncurkan layanan pelacakan kendaraan melalui konektivitas yang kuat. Layanan ini terintegrasi dengan SmartThings Find untuk menyediakan pelacakan lokasi kendaraan secara global.

Pengguna dapat menggunakan layanan ini tanpa mengorbankan jangkauan seluler melalui jaringan crowdsourcing ratusan juta perangkat Samsung Galaxy menggunakan teknologi Bluetooth Low Energy (BLE).

Dengan aplikasi Connected Car Service, pelanggan dapat dengan mudah mengecek lokasi kendaraan jika terjadi situasi yang tidak terduga, seperti lupa parkir atau pencurian.

Bahkan, pelanggan Hyundai dan Kia yang belum mendaftar layanan tersebut dapat mengecek lokasi kendaraannya melalui aplikasi SmartThings Samsung.

Untuk meningkatkan pengalaman pengguna, Hyundai dan Kia juga akan menyederhanakan proses pendaftaran anggota baru dengan menghubungkan akun pengguna mereka ke Samsung Electronics.

Di masa depan, mereka berencana untuk menawarkan layanan yang dioptimalkan untuk gaya hidup dan preferensi pelanggan, termasuk layanan kesehatan, perawatan hewan peliharaan, dan interior otomotif.

Bersama dengan 42dot, Hyundai dan Kia berkomitmen untuk menghubungkan mobil dan ponsel cerdas dengan lancar serta menyediakan layanan baru yang memfokuskan pengalaman sehari-hari kepada pengguna.

Temukan berita dan artikel lainnya di Google Berita dan saluran WA