Bisnis.com, JAKARTA – Lingkaran hitam di bawah mata atau disebut juga mata panda sangat umum terjadi dan biasanya dikaitkan dengan kurang tidur.

Mereka muncul setelah beberapa malam yang gelisah dan sering digambarkan oleh orang-orang sebagai “tampak lelah”.

Jika Anda melihat lingkaran hitam di bawah mata, meski Anda tidak lelah, itu bisa jadi pertanda masalah kesehatan yang serius.

Selain itu, penuaan, ketegangan mata, merokok, dan bahkan faktor genetik karena tipisnya kulit di kelopak mata bawah juga dapat berkontribusi.

Dalam beberapa kasus, lingkaran hitam bisa mengindikasikan masalah kesehatan yang lebih luas. Seorang wanita TikTok terkejut ketika dokter kulitnya menyimpulkan bahwa “alergi diturunkan dari keluarga” hanya dengan melihat kantung di bawah matanya.

Wanita tersebut membagikan video di mana dia menggambarkan seorang dokter kulit yang mengatakan seseorang di keluarganya menderita “asma, demam, eksim” atau jenis alergi lainnya, semua karena penampilannya.

“Saya pikir itu karena saya kurang tidur, tapi dia berkata: ‘Tidak, sebenarnya itu karena pembuluh darah Anda tersumbat.’ Mereka menghasilkan pigmen dan ini menunjukkan bahwa alergi ada dalam keluarga”. Ini adalah alergi ringan. , “Juga dikenal sebagai hiperpigmentasi alergi pada wajah dan periorbital, ini terjadi akibat hidung tersumbat dan sinus, yang juga menyumbat pembuluh darah kecil di bawah mata.” – dia menjelaskan.

Lingkaran hitam bisa disebabkan oleh berbagai alergi hidung, termasuk demam atau alergi debu, dan bahkan beberapa alergi makanan. Namun tidak semua orang dengan alergi hidung mengalami gejala ini.

Menurut Healthline, jika alergi Anda juga memengaruhi mata Anda, kemungkinan besar hal tersebut akan terjadi.

Selain lingkaran hitam, gejalanya antara lain mata berair atau gatal, tenggorokan atau mulut gatal, hidung tersumbat, tekanan sinus, atau pilek jika penyebabnya adalah alergi.

Lingkaran hitam bisa disebabkan oleh berbagai alergi hidung, termasuk demam atau alergi debu, dan bahkan beberapa alergi makanan. Namun tidak semua orang dengan alergi hidung mengalami gejala ini.

Menurut Health Line, jika alergi Anda juga memengaruhi mata Anda, kemungkinan besar hal tersebut akan terjadi.

Selain lingkaran hitam, gejala lainnya adalah mata berair atau gatal, tenggorokan atau mulut gatal, hidung tersumbat, tekanan sinus, atau pilek jika penyebabnya adalah alergi.

Simak berita dan artikel lainnya seputar Google News dan WA