Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meletakkan batu pertama atau landasan rangkaian proyek di Ibu Kota (IKN) nusantara pada Rabu (25 September 2024).

Jokowi mengatakan, banyak investor asing dan swasta yang akan mengikuti IKN kali ini. Selain itu juga akan meresmikan sejumlah proyek yang telah selesai di IKN.

“Ini menjadi tonggak penting bagi beberapa perusahaan asing yang ingin berinvestasi di IKN. Ada 2, mungkin 3 perusahaan swasta asing dan dalam negeri, dan beberapa sudah selesai pembukaannya,” kata Jokowi, Selasa (24/9/2024). ).

Sebelumnya, Kantor Permodalan Nusantara (OIKN) memastikan ada tiga investor asing yang akan mengikuti investasi tahap kedelapan di Dana IKN Nusantara pada Selasa (24 September 2024).

Juru Bicara Otoritas IKN Troy Pantuv menjelaskan, dari tiga investor asing tersebut, hanya satu yang akan menanamkan modalnya melalui skema private equity.

“Untuk investor asing [100% investasi tanpa kemitraan dengan pengusaha lokal] ada 1,” kata Troy kepada Bisnis, Senin (23 September 2024). Sementara dua investor asing lainnya akan berinvestasi di IKN melalui skema kerja sama membangun kemitraan dengan perusahaan lokal.

Troy menjelaskan, investor asing yang akan berinvestasi langsung adalah perusahaan asal China, Delonik. Delonic nantinya akan membangun kawasan mixed-use yang mencakup pusat perbelanjaan, hotel, dan apartemen.

Sementara dua investor asing yang akan bermitra dengan pengusaha lokal Indonesia adalah Australian Independent School dan Magnum Estate, perusahaan real estate asal Rusia.

“Kemitraan antara investor Indonesia dan Rusia akan bersifat campuran,” jelasnya.

Sayangnya, belum diketahui secara pasti berapa besar investasi yang akan dilakukan Magnum Estate. Namun nilai investasi Delonix dilaporkan sebesar Rp500 miliar, dan sekolah independen Australia sebesar Rp150 miliar.

Sekadar informasi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimulyono mengumumkan pengerjaan pondasi IKN Tahap 8 akan selesai dalam waktu dekat.

Basuki mengatakan Presiden Jokowi berencana melakukan terobosan dalam kunjungannya ke IKN 24-27 hari. September 2024

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita dan VA Channel.