Bisnis.com, Jakarta – Hari ulang tahun Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) ke-56 diselimuti awan kelabu. Keharmonisan yang selama ini terjaga terpaksa terputus akibat perselisihan internal.

Selain itu, musyawarah nasional luar biasa (Munaslub) yang digelar pada Konvensi Anggota Luar Biasa menghasilkan Anindya Bakri diklaim sebagai Ketua Umum baru menggantikan Arzad Rasjid.

Proses ini berlangsung sangat cepat, yakni konferensi dilaksanakan pada Jumat (13/9/2024) dan dilanjutkan dengan konferensi nasional keesokan harinya pada Sabtu (14/9/2024), sehingga Arsjad hanya memberikan 21 Qadian daerah. administrator ke pos mereka. Menerbitkan surat yang menolak pengungkapan.

Untungnya, kedua kubu – Anindya Bakri dan Arzad Arzad – tetap tenang untuk menjaga iklim bisnis di negara ini tetap baik.

Presiden, Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang diharapkan bisa menjadi penengah dan memberikan solusi terbaik, justru memutuskan untuk tidak melakukan intervensi.

Perdebatan yang diprediksi akan menjadi perbincangan hangat menjelang berakhirnya masa jabatan presiden, kini harus diselesaikan secara damai oleh pemegang Kadani sendiri. Rayakan hari jadi di kantor darurat

Ketua Umum Kadin Indonesia periode 2021-2026 Arsjad Rasjid merayakan HUT Kadin Indonesia ke-56 di Kantor Darurat, Jakarta pada Selasa (24/9/2024).

Momen tersebut dibagikan Arsjad melalui platform Instagram resminya @arsjadrasjid pada Selasa (24/9/2024).

“Hari ini tanggal 24 September ada yang berulang tahun, namanya Kadin Indonesia,” kata Arsjad, Selasa (24/9/2024).

Arsjad mengatakan, ulang tahun Kadin kali ini digelar di kantor darurat, bukan di Menara Kadin Indonesia yang terletak di Lapas. SDM Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. 

“Hari ini saya berada di kantor yang sementara disebut kantor darurat seperti yang saya katakan, kita harus pintar. “Jadi kami terus berkarya dimanapun kami berada,” kata Arsjad. 

Karena tak diperkenankan masuk, Arszad berinisiatif menyewa kantor tambahan di lantai tiga gedung yang sama.

Arsjad dalam keterangannya, Senin (16/9), mengatakan, “Karena situasinya belum jelas, kami telah memindahkan seluruh aset ke lantai tiga dengan sewa kantor yang jelas. Itu hak kami dan siapa pun bisa menghubungi kami ke kantor Kadin. Tidak dapat menolak akses.” /2024) hanya memiliki satu ruangan yang tertutup

Meski begitu, Arjad bersyukur bisa merayakan HUT Kadin ke-56 bersama para lansia di Panti Sosial Tresna Wardha Budi Mulia 1, Jakarta Timur. Ia mengaku kewalahan dengan doa dan harapan banyak orang di hari ulang tahun Kadin.

“Saya terkesan banyak doa dan harapan dari seluruh lapisan masyarakat, UMKM, pekerja, pengusaha besar, agar Kadin Indonesia bisa memberikan dampak bagi perekonomian Indonesia.   

Diakui Arsjad, saat ini kondisi Kadin Indonesia kurang baik. Ia mengatakan Kadeen berupaya keras menjaga nama baik lembaganya, termasuk melalui jalur hukum. 

Meski demikian, Arszad tetap mengimbau seluruh pihak terkait untuk duduk bersama, mengesampingkan harga diri dan mencari solusi sesuai aturan yang berlaku.

“Ini bukan soal saya, bukan soal Arsazad, bukan soal Anin, bukan soal kekuasaan. Ini soal bagaimana Kadin bisa bekerja sama dan bersatu sebagai mitra strategis pemerintah untuk menggerakkan perekonomian Indonesia. Dalam video yang diunggah akun Instagram @arsjadrasjid pada Selasa (24/9/2024).

Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid (kiri) memberikan paparan saat konferensi pers bersama Wakil Ketua Umum Yuki Nugrahawan Hanafi, Koordinator Organisasi, Hukum, dan Komunikasi (WKU). Munaslab) di Jakarta, Minggu (15/9/2024). / Dagang-Abdurchaman

Arsjad juga menegaskan, Kadin Indonesia adalah satu-satunya dan tujuannya adalah untuk memajukan Indonesia, yakni mencapai pertumbuhan ekonomi 8% dan tujuan Indonesia Emas 2045.

Atas tiga dolar tersebut, Ketua Umum Kadin Indonesia Anindya Bakri yang dipilih melalui Musyawarah Umum Luar Biasa (Munaslub) menegaskan, berdasarkan UU Nomor 1 Tahun 1987 di Indonesia hanya ada organisasi Kadin. 

Terima kasih atas perintahnya. Secara hukum, Kadin juga merupakan wadah dunia usaha, artinya Kadin hanya ada 1, secara hukum hanya ada satu, kata Anindya saat upacara HUT Kadin ke-56 di Menara Kadin, Selasa. (24/9/2024). 

Tak hanya itu, Anin alias Anindya Bakri menegaskan Kadin Indonesia mempunyai misi mulia yakni memajukan perekonomian Indonesia.

“Kami sepakat Kadin akan tetap menjadi mitra strategis pemerintah. Jadi artinya selalu bersinergi memikirkan apa yang baik bagi perekonomian Indonesia,” kata Anindia.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel