Bisnis.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) IKN telah meresmikan batu pertama atau batu fondasi investasi proyek mixed-use development yang akan dibangun oleh Delonix Group, investor asing pertama.

Jokowi menjelaskan Delonix merupakan perusahaan milik Tiongkok pertama yang berinvestasi dalam pengembangan IKN dengan nilai investasi Rp 500 miliar.

Saat peletakan batu pertama penanaman modal pada Rabu (25/9/2024), Jokowi menjelaskan, “nilai investasi yang dibangun Delonix Group di kawasan mixed-use Delonix Nusantara bernilai Rp 500 miliar.”

Nantinya, proyek pengembangan komprehensif tersebut mencakup pembangunan hotel, serviced apartement, pusat perbelanjaan dan perkantoran, serta pusat olah raga dan pendidikan jasmani di atas lahan seluas 24.000 meter persegi.

Masuknya Delonix Group ke IKN sebagai perusahaan penanaman modal asing besar akan mempengaruhi kepercayaan investor lain untuk segera masuk ke IKN, tegasnya.

Sekadar informasi, Delonix merupakan perusahaan asal Tiongkok yang fokus pada sektor konsumen offline seperti hotel, restoran, dan lounge bandara.

New Century Hotels & Resorts merupakan salah satu portofolio perusahaan. Hingga saat ini, Delonix telah berinvestasi di lebih dari 1.300 hotel yang tersebar di banyak pusat wisata dan bisnis di seluruh dunia dengan total lebih dari 195.000 kamar.

Sedangkan Delonix pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 2023 melalui pendirian PT Delonix Group Indonesia. Ruby Hotel dan MJ Hotel merupakan proyek investasi Delonix yang saat ini dipasarkan di Indonesia.

Menurut situs resminya, Delonix berencana membuka 20 hotel dalam waktu 3 tahun. Sebagian besar akan diarahkan untuk pengembangan wilayah Jabuditabek.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA