Bisnis.com, Jakarta — Pada Selasa (21 Mei 2024), Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Eirlanga Hartarto menerima gelar doktor kehormatan dari Gyeongsang National University (GNU) di Jiju, Korea Selatan. 

Gelar tersebut diberikan kepada Airlangga atas upayanya mendorong dan mempertahankan kerja sama kedua negara, khususnya di bidang ekonomi, perdagangan, investasi, dan pendidikan. Penghargaan yang diserahkan secara pribadi oleh Presiden GNU Son-Ki Kwon ini juga mengakui komitmen Airlangga terhadap pertemuan bilateral aktif dengan pemerintah dan pengusaha Korea. 

“Tentunya saya sangat berterima kasih atas ucapan terima kasih khusus dari Gyeongsang National University. “Dengan semangat kemitraan yang saling memberikan dukungan, kami berharap kerja sama strategis di berbagai bidang antara Indonesia dan Korea akan terus tumbuh di masa depan dan membawa manfaat besar bagi kedua negara,” ujarnya dalam keterangan resmi. 

Sementara itu, kerja sama bilateral antara Indonesia dan Korea telah berlangsung lebih dari 50 tahun. Hubungan yang lebih erat antara kedua negara akan terus digalakkan terutama di bidang ekonomi, perdagangan, dan investasi. 

Korea Selatan identik dengan K-Pop menduduki peringkat ke-7 realisasi investasi Indonesia pada tahun 2023 dengan nilai investasi sebesar $2,5 miliar.

Pada hari ini, Airlanga memberikan orasi ilmiah yang menjelaskan Visi Indonesia Emas 2045, situasi ekonomi dan geopolitik global, strategi pertumbuhan ekonomi jangka menengah dan panjang serta komitmen terhadap kerja sama dan reformasi global. 

Selain itu, Air Langa juga memamerkan langkah besar Indonesia menjadi negara Asia Tenggara pertama yang bergabung dalam OECD.

Jeong Taek-su, Presiden Asosiasi Alumni GNU, mengatakan komitmen Airlanga mampu mempererat kerja sama kedua negara Asia. 

Kami mengucapkan selamat kepada Bapak Airlanga yang telah menerima gelar doktor kehormatannya dan sangat bangga memiliki Bapak Airlanga yang menjadi bagian dari angkatan wisuda GNU. Di bidang perekonomian, “Saya sangat mengapresiasi kemampuan Pak Airlanga dalam mengembangkan hubungan kedua negara,” ujarnya. 

Selain menerima gelar doktor Honoris Causa, kunjungan kerja Airlanga ke Korea juga dilakukan dalam rangka pertemuan dengan pengusaha Korea untuk membahas peluang kerja sama di bidang otomotif, elektronik, semikonduktor, dan pengembangan bahan bakar hidrogen di Indonesia.

Kami bertemu dengan CEO LG CNS Hyun Shin Yoon dan Chairman Hyundai Motor Group Chung Eui-sun.

Simak berita dan artikel lainnya dari Google News dan WA Channel.