Bisnis.com, JAKARTA – Supermom sebagai platform digital dengan jejaring sosial orang tua terbesar di Asia Tenggara terus memperkuat komitmennya dalam mendukung peran ibu dalam mencari penghasilan tambahan bagi keluarga. Komitmen tersebut diwujudkan Supermom dengan diluncurkannya proyek 1MPACT, sebuah inisiatif yang bertujuan untuk memberdayakan satu juta ibu di Indonesia dengan meningkatkan keterampilan digital mereka. Program ini resmi diluncurkan pada 3 Juli 2024 dan akan berjalan selama 18 bulan hingga Desember 2025.

Pelatihan gratis yang ditawarkan mencakup beberapa topik, seperti cara menjadi pembuat konten, pemasar afiliasi, reviewer produk, atau tim pengujian. Setelah menyelesaikan serangkaian pelatihan, peserta mempunyai kesempatan untuk berpartisipasi dalam berbagai kampanye produk yang direncanakan untuk peserta proyek 1MPACT.

Regional Director Supermom Indonesia Helen Catherine mengungkapkan peluncuran proyek 1MPACT didasari oleh keprihatinan Supermom Indonesia terhadap rendahnya tingkat literasi digital di kalangan ibu-ibu. Sebagai platform yang memposisikan dirinya sebagai platform pembelajaran, berbagi, dan penghasilan bagi para ibu, Supermom Indonesia bertujuan untuk memberdayakan para ibu untuk berpartisipasi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi digital dengan pertumbuhan tercepat saat ini.

“Pemerintah Indonesia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia akan mencapai $228 miliar pada tahun 2027 dan menjadi salah satu kontributor PDB terbesar Indonesia. Dalam konteks ini, kami ingin memastikan uap tersebut

“Para ibu di Indonesia bisa merasakan dampak positifnya secara langsung terhadap kesejahteraan keluarganya,” jelas Helen Catherine.

Implementasi proyek 1MPACT didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia dan beberapa mitra strategis seperti Indonesia Digital Association (IDA) sebagai mitra organisasi pendukung dan beberapa brand pendukung seperti Lazada. , Zürich dan Bank Mandiri.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno menyambut baik upaya Supermom Indonesia dalam program Project 1MPACT.

“Proyek 1MPACT sejalan dengan komitmen Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mengatasi kekurangan talenta digital dengan mencapai tujuan nasional memiliki 9 juta talenta digital pada tahun 2030. Selain itu, kami berharap keberadaan proyek 1MPACT dapat menciptakan peluang ekonomi baru, memperkuat peran perempuan di sektor digital dan “mendukung pertumbuhan ekonomi digital secara umum”, kata Sandiago Salahuddin Uno.

Hal ini juga diamini oleh Direktur Pengelolaan Ekonomi Digital Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Yuana Rochma Astuti. Menurutnya, untuk mencapai tujuan tersebut, Indonesia membutuhkan sekitar 600.000 talenta digital setiap tahunnya. Saat ini, instansi pemerintah hanya mampu menampung sekitar 200.000 talenta. Dengan gap sebesar 400.000 talenta per tahun, dukungan proyek 1MPACT diharapkan dapat memberikan solusi melalui pelatihan literasi digital dan pengembangan kewirausahaan.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Digital Indonesia (IDA) Dian Jemiana mengatakan: “Salah satu faktor penentu pertumbuhan industri digital Indonesia adalah masyarakat Indonesia yang semakin melek digital. Pentingnya peran ibu dalam keluarga mempengaruhi pengambilan keputusan mulai dari pendidikan, pola konsumsi, termasuk penggunaan media digital.

 

Selain itu, Roland Setiawan, Vice President Retail Deposit Products and Solutions Bank Mandiri, menilai proyek 1MPACT ini sejalan dengan upaya Bank Mandiri dalam meningkatkan literasi keuangan tanah air, dengan pengelolaan keuangan yang sesuai dengan kebutuhan dan tantangan masa depan. . “Dengan mendukung inklusi keuangan dan pemberdayaan ekonomi melalui literasi keuangan, Bank Mandiri berharap semakin banyak ibu dan lingkungan yang memahami bagaimana menggunakan layanan dan produk bank secara bijak, seperti layanan simpanan, pinjaman, dan investasi.” Basis pelanggan ini tidak hanya akan meningkatkan jumlah akun baru, namun juga memperkuat loyalitas pelanggan di masa depan.”

Di sisi lain, PT Zurich Topas Life dan Lazada Indonesia juga telah menjalin kemitraan strategis dengan proyek 1MPACT sehingga para ibu yang mengikuti pelatihan dapat menjadi mitra produk mereka.

Kabilarang Sinabang, Head of Corporate Strategy PT Zurich Topas Life, mengatakan: “Kami berharap proyek 1MPACT dapat berkontribusi dalam mendorong digitalisasi di Indonesia, khususnya dari sisi ibu dan keluarga. Dengan semakin banyaknya ibu yang berpartisipasi dalam ekonomi digital, kami yakin mereka akan mampu berperan aktif dalam menumbuhkan perekonomian baik sebagai konsumen maupun pengusaha kecil. “Selanjutnya, kami berharap program ini dapat berkontribusi pada adopsi digital secara luas, literasi keuangan, kesadaran dan. memahami produk asuransi yang dapat melindungi mereka dan pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan ekonomi di berbagai lapisan masyarakat.”

Evelyn Yonatan, HR Director Lazada Indonesia mengatakan, “Lazada aktif mendukung pengembangan talenta digital melalui berbagai program, salah satunya adalah program afiliasi marketing Lazada Laz Affiliates. “Oleh karena itu, kami senang bisa menjadi bagian dari proyek 1MPACT yang sejalan dengan komitmen kami untuk memberdayakan banyak orang, termasuk para ibu, untuk sukses di era digital ini melalui berbagai peluang yang tersedia di platform Lazada. . “

Pelatihan 1MPACT gratis akan disampaikan oleh Supermom Mombasadors yang dipilih dari jutaan anggota komunitas Supermom, dimana Mombasadors akan membimbing peserta melalui berbagai modul digital yang dirancang untuk membimbing para ibu. agar mereka bisa menjadi Ibu Berpikir Kritis (KOM) di masa depan.

Cinta Maresi, salah satu Mombassador Supermoms yang juga berpartisipasi sebagai konsultan dalam proyek 1MPACT mengatakan: “Proyek 1MPACT sangat membantu para ibu yang ingin memperdalam pemahaman tentang literasi digital dan para ibu yang tertarik untuk mendapatkan lebih banyak uang melalui platform digital. Selain itu, proyek ini juga menciptakan komunitas ibu yang sehat dan suportif, serta menambah manfaat pribadi dan pengalaman baru yang mungkin belum pernah diperoleh sebelumnya. “

Diplomat lainnya, Intan Mustika, membenarkan ucapan penuh cinta Morezi. Menurutnya, pelatihan yang diberikan oleh proyek 1MPACT merupakan kesempatan terbaik untuk memperkuat identitasnya sebagai perempuan kompetitif di bidang digital. “Mengikuti proyek 1MPACT merupakan kursus yang mahal, terutama bagi para ibu yang baru mengenal dunia digital dan belum tahu harus mulai dari mana. Dengan mengikuti pelatihan 1MPACT bersama kami, akan menjadi kesempatan bagi para ibu untuk mulai bekerja dan belajar melalui saluran digital”,- kata Intan.

Hingga saat ini, hampir 10.000 ibu telah mendaftar sebagai peserta proyek 1MPACT, dan jumlah Momambassador mendekati 100 orang.

Untuk mensukseskan kelahiran sejuta ibu dengan opini kunci (KOM) melalui proyek 1MPACT, selain berbagai kalangan yang disebutkan di atas, Supermom terus membuka ruang kerja sama di Indonesia, menjajaki berbagai langkah kerja sama untuk menjadi mitra strategis. dari proyek 1MPACT.

“Ibu adalah kepala keuangan keluarga dan pengambil keputusan mengenai produk dan produk yang digunakan oleh seluruh anggota keluarga. “Sehingga menjadikan para ibu (ibu sehari-hari) ini dikenal sebagai ‘pendukung’ yang mempunyai harapan besar dan sukses mengingat pengikut media sosialnya adalah sahabat sejati,” kata Helen Catherine.

“Ke depan, kami akan terus menjajaki kolaborasi dengan mitra strategis untuk mewujudkan visi proyek 1MPACT. Dengan jaringan sosial Supermom yang luas, terdapat peluang besar untuk menjadi mitra strategis untuk melayani ibu-ibu ini sebagai brand advokat di komunitasnya yang dapat membantu meningkatkan pendapatan perekonomian setiap produk, yang dapat dilakukan sebagai bagian dari program CSR,” tutupnya Helen. Katarina.

*Untuk dapat berpartisipasi dan mendapatkan manfaat dari berbagai program pelatihan keterampilan digital gratis sebagai bagian dari Proyek 1MPACT, para ibu dapat mendaftar di tautan berikut: https://v2.welovesupermom.com/r1/M7WfYA5P_presscon

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita dan saluran WA