Bisnis.com, JAKARTA – Produsen otomotif asal Korea, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) memastikan akan meluncurkan tiga model barunya sebelum akhir tahun 2024. Salah satu model yang disebut-sebut bakal banyak diluncurkan tahun ini adalah Hyundai Creta N seri.

Merujuk pada Sistem Informasi Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Samsat DKI Jakarta, tampak ada tiga tipe Hyundai Creta N Line yang didaftarkan HMID.

Tipe pertama adalah Creta N Line GLS 4×2 AT yang dibanderol Rp 223 jutaan. Lalu satu lagi Creta NLINE TOP 4×2 AT yang dibanderol Rp 236 jutaan.

Tak lupa, di website tersebut juga tercantum Creta NTRBO 1.5 4×2 AT yang dibanderol Rp 240 jutaan. Artinya HMID akan meluncurkan Creta N Line yang lebih bertenaga serta mesin turbo 1.500 cc yang lebih bertenaga.

Namun perlu dicatat, harga tersebut belum on-the-road (OTR). Artinya, harga tersebut belum termasuk instrumen perpajakan seperti pajak pertambahan nilai (PPN), pajak kendaraan bermotor (PKB), pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM), bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) dan lain-lain.

Sebelumnya Hyundai Creta N Line diluncurkan di India pada Maret 2024. Kemungkinan besar model mobil ini akan diluncurkan di Indonesia dalam waktu dekat.

CEO Hyundai Motors Indonesia Fransiscus Soerjopranoto membenarkan rencana Hyundai meluncurkan tiga model terbarunya tetap sesuai target perseroan hingga akhir tahun ini.

Sementara beberapa model mobil yang akan diluncurkan Hyundai antara lain segmen hybrid, battery electric vehicle (BEV), dan kendaraan berbahan bakar konvensional (internal Combustion Engine/ICE).

Hal ini merupakan bagian dari strategi Hyundai untuk memperkenalkan produk barunya di Indonesia. Menurut manajemen Hyundai Motor Group, perseroan akan segera memperkenalkan produk hybrid pertama Hyundai di Indonesia. 

“Tujuan kami mempertahankan pangsa pasar di atas 3% hingga akhir tahun,” jelas Frans kepada Bisnis, baru-baru ini.

Melihat spesifikasinya, berdasarkan situs resmi Hyundai, Creta N Line tampil lebih sporty dengan gril sarang lebah dan badge N Line.

Creta N Line pun mengusung tampilan dinamis dengan pelek 18 ring berdiameter 462 mm serta kaliper rem depan dan belakang berwarna merah.

Untuk menunjang keselamatan berkendara, Hyundai Creta N Line dilengkapi dengan 42 fitur keselamatan standar termasuk 6 airbag, Electronic Stability Control (ESC), Electronic Parking Brake dengan fungsi auto hold, Hill Descent Assist (HAC) dan lebih dari 70 fitur keselamatan.

Soal mesin, Hyundai Creta N Line dibekali mesin 4 silinder Turbo GDi berkapasitas 1.482 cc. Mesin ini diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 160 tenaga kuda pada putaran 5.500 rpm.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel