Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin parade utama atau pendanaan sejumlah proyek, termasuk penanaman modal asing pertama di Ibu Kota Negara (IKN) gugusan pulau tersebut.

Jokowi mengaku senang dengan masuknya tiga investor asing ke IKN dengan total investasi Rp 950 miliar.

“Iya ini yang terpenting bagi investor, penanaman modal asing sudah masuk ke ibu kota nusantara. Tadi pagi dari Australia untuk bidang pendidikan, kemudian dari Rusia untuk barang, dan China untuk barang, kata Jokowi usai peletakan batu pertama. Delonix Nusantara di IKN, Rabu (25 September 2024). 

Selain itu, orang nomor satu di Indonesia ini menyoroti, penanaman modal asing mencerminkan kepercayaan investor lokal dan internasional terhadap pengembangan IKN.

“Hal ini menunjukkan bahwa nusantara memang merupakan tempat yang sangat menarik untuk berinvestasi,” ujarnya. 

Namun, lanjut Kepala Negara, seluruh permasalahan terkait pembangunan dan pemeliharaan Central Government Core (GGC) diselesaikan oleh pemerintah.

Selain itu, ia mengatakan ke depan masih akan ada investor asing yang akan mengurus investasinya di IKN. Ingat, banyaknya dokumen tertulis atau letter of Intent (LoI) yang dikirimkan ke pemerintah oleh Kantor IKN (OIKN) 

“Banyak yang menandatangani LoI, terpilih, dipertimbangkan. Tidak semua komentar langsung diterima ya, tapi ini disesuaikan dengan persyaratan di ICN. “Membangun lingkungan tanpa lingkungan agar nusantara menjadi tempat yang menarik,” ujarnya. 

Mantan Wali Kota Solo itu juga menegaskan, masih ada peluang pemulihan infrastruktur sebelum ia berlibur pada 20 Oktober 2024.

“Ya, itu tidak perlu. “Mungkin dalam seminggu banyak yang ingin dioperasi lagi,” ujarnya kepada wartawan.

Menurut Bisnis, ada tiga investor asing yang mengikuti kegiatan utama investasi kedelapan IKN di nusantara. Dari ketiga investor asing tersebut, hanya satu yang akan menginvestasikan uangnya melalui skema private equity.

Sementara dua investor asing lainnya akan berinvestasi di IKN sebagai bagian dari proyek kemitraan membangun kemitraan dengan perusahaan lokal.

Investor asing yang akan langsung berinvestasi adalah perusahaan asal China, Delonix. Delonix nantinya akan membangun kompleks mixed-use yang mencakup pertokoan, hotel, dan apartemen.

Sementara dua investor asing yang akan bermitra dengan pengusaha lokal Indonesia adalah Australian Independent School dan Magnum Estate, perusahaan real estate asal Rusia.

Nilai investasi yang akan diberikan Magnum Estate mencapai Rp300 miliar, nilai investasi Delonix mencapai Rp500 miliar, dan Australian Independent School berinvestasi hingga Rp150 miliar. Sehingga total devisa yang masuk ke IKN mencapai Rp 950 miliar.

Selain meletakkan landasan bagi penanaman modal asing, Jokowi juga meluncurkan beberapa proyek dari investor lokal pada hari ini, Rabu (25 September 2024).

Dimulai dari D’Prima Hotel Nusantara dengan nilai investasi Rp100 miliar dan Teras Hutan Capital Nusantara milik Plataran yang investasinya kurang lebih Rp25 miliar. Dengan demikian, total investor dalam negeri menyediakan hingga Rp125 miliar.

Alhasil, total investasi yang masuk pada hari ini, Rabu (25 September 2024), untuk transaksi kedelapan di IKN mencapai Rp 1,075 triliun.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel.