Bisnis.com, Jakarta – Organisasi Negara Pengekspor Minyak atau OPEC memperkirakan permintaan minyak global akan terus meningkat hingga tahun 2050 di tengah upaya global untuk beralih ke sumber energi yang lebih ramah lingkungan.

OPEC akan meningkatkan konsumsi minyak global sebesar 17,9 juta barel per hari atau sekitar 18 persen menjadi 120,1 juta barel pada tahun 2050, menurut Bloomberg dalam laporan terbarunya, Rabu (25/9/2024). Laporan ini pun memicu spekulasi. Laporan tahun lalu mencakup dua dekade berikutnya.

OPEC mengatakan prospek minyak yang bullish mencerminkan guncangan pasca-energi pada tahun 2022, ketika negara-negara maju menilai kembali transisi dari bahan bakar fosil karena mereka mengakui perlunya ketahanan energi Pada saat yang sama, negara-negara berkembang mendorong akses terhadap energi yang terjangkau.

OPEC melaporkan pada tahun 2030, konsumsi minyak global akan meningkat sebesar 11,1 juta barel per hari menjadi rata-rata 113,3 juta barel. Jumlah tersebut 1,3 juta per hari lebih tinggi dari perkiraan tahun sebelumnya, menambah perkiraan tahun lalu. 

India akan menjadi kontributor pertumbuhan terbesar, menambahkan 8 juta barel per hari pada tahun 2050, tiga kali lipat pertumbuhan yang diproyeksikan untuk Tiongkok. Petrokimia, transportasi jalan raya, dan penerbangan akan mendorong ekspansi global, dan pada tahun 2050, kendaraan dengan mesin pembakaran internal masih akan mendominasi lebih dari 70 persen armada kendaraan.

Sebuah kartel minyak yang dipimpin oleh Arab Saudi telah mengakui bahaya yang ditimbulkan oleh pemanasan global dan berpendapat bahwa industri minyak harus menjadi bagian dari solusi – bahkan mereka menghadiri konferensi iklim COP untuk pertama kalinya pada tahun lalu. 

Namun, laporan utama OPEC hanya memberikan sedikit rincian tentang bagaimana penangkapan karbon – solusi yang disukai untuk mengatasi emisi bahan bakar fosil – dapat mengatasi hambatan teknis dan perdagangan yang signifikan terhadap penerapannya secara luas.

Laporan OPEC bertentangan dengan perkiraan beberapa organisasi sektor minyak. Perkiraan yang dibuat oleh BP Plc, raksasa perdagangan Vitol Group, Goldman Sachs Group Inc., konsultan Wood Mackenzie, dan Badan Energi Internasional (IEA) menunjukkan bahwa permintaan minyak dapat meningkat dalam dekade berikutnya seiring dengan beralihnya dunia ke kendaraan listrik dan energi terbarukan .

Selain itu, perkiraan tersebut juga tidak sejalan dengan target iklim internasional. Laporan IEA menjelaskan bahwa untuk membatasi kenaikan suhu hingga 1,5 derajat Celcius, dunia harus segera dan cepat mengurangi konsumsi minyak dan menghentikan investasi pada proyek minyak dan gas baru 

Menurut para peneliti di Imperial College London, suhu bisa naik 2,5 hingga 3 derajat pada tahun 2050 jika permintaan terus meningkat.

Bahaya yang ditimbulkan oleh pemanasan global sudah terlihat jelas tahun ini, mulai dari gelombang panas yang mematikan di India hingga banjir dahsyat di Afrika dan Eropa, dan kebakaran hutan dari Yunani hingga hutan hujan Amazon di Brasil – dan bahkan tundra Arktik. 

Anggota OPEC sering kali terkena dampak pemanasan global, dengan suhu panas tertinggi di Arab Saudi yang menewaskan lebih dari 1.300 jamaah, banjir yang menggenangi Dubai di Uni Emirat Arab, dan jaringan listrik di Kuwait mencapai titik puncaknya. 

Laporan tersebut memperkirakan bahwa OPEC dan sekutunya akan dapat terus meningkatkan pasokan hingga tahun 2050, dengan porsi mereka terhadap total pasokan cairan dunia tetap stabil di angka 52 persen. 

Laporan tersebut juga menyebutkan bahwa gagasan penghentian produksi minyak dan gas hanyalah sebuah khayalan.

Namun, pada bulan Mei lalu, Sekretaris Jenderal OPEC Haitham al-Ghais secara resmi menghadiri pembicaraan menjelang konferensi COP29 di Baku, Azerbaijan, dan meminta industri minyak untuk mengatasi tantangan iklim. Perkiraan tersebut memperkirakan bahwa emisi akan dibatasi oleh pesatnya perluasan proyek penangkapan dan penyimpanan karbon dioksida, sebuah teknologi yang oleh para ahli dianggap belum terbukti dan mahal.

Kredibilitas perkiraan jangka panjang OPEC tidak terbantu oleh perkiraan jangka pendeknya. 

Kartel terus memperkirakan bahwa permintaan akan tumbuh sebesar 2 juta barel per hari pada tahun ini, yang mana raksasa Wall Street seperti JPMorgan Chase & Co. lebih dari yang diperkirakan. dan Citigroup Inc., dan bahkan perusahaan milik negara Saudi Aramco berada di kisaran atas dari perkiraan. 

Perkiraan OPEC dibantah oleh melemahnya harga minyak mentah, yang telah anjlok hampir 13 persen sejak awal Juli hingga diperdagangkan mendekati $75 per barel. 

Bahkan negara-negara anggota kelompok tersebut menunjukkan kurangnya kepercayaan terhadap perkiraan pertumbuhan mereka sendiri. Beberapa negara memutuskan untuk menunda peningkatan produksi yang ditunda selama dua bulan hingga Desember di tengah kekhawatiran bahwa permintaan masih terlalu lemah untuk menyerap tambahan barel. 

Saat menyampaikan laporan pada konferensi di Rio de Janeiro, Brasil, pidato Alghese terhenti ketika listrik di panggung padam dan seorang pengunjuk rasa dari kelompok lingkungan Greenpeace naik ke panggung.

“Iklim dan bumi tidak dapat mendukung eksplorasi dan pembakaran bahan bakar fosil dengan kecepatan seperti saat ini, apalagi pengembangannya,” kata juru bicara Greenpeace Brazil Romulo Batista kepada wartawan setelah acara tersebut. 

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel