Bisnis.com, Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan menerbitkan aturan reklamasi pertambangan di sekitar ibu kota nusantara (IKN).

Horas Pasaribu, Koordinator Perlindungan Lingkungan Hidup Mineral dan Batubara, mengatakan peraturan tersebut akan diterbitkan dalam bentuk peraturan pemerintah (PP) di kemudian hari.

“Sedang dilakukan kajian dan akan ada PP khusus untuk IKN,” kata Horas di kantor Minerba, Selasa (24/9/2024).

Horas mengatakan, akan ada permasalahan dalam PP yang mengatur mengenai reklamasi tambang di sekitar IKN, namun ia belum bisa memastikan kapan PP tersebut akan diterbitkan.

“Iya, maksudnya ada pengaturan khusus untuk IKN. Nanti kita lihat. Kalau kita lihat PPnya, kita tidak tahu kapan ditandatanganinya. Entah itu presiden sebelumnya atau presiden berikutnya. Kita lihat saja nanti,” ujarnya.

Untuk informasi Anda Manajemen IKN sedang menyusun pedoman reklamasi dan pascatambang di wilayah IKN.

Berdasarkan Keputusan Presiden (Perpres) Nomor 64 Tahun 2022 yang mengacu pada rencana tata ruang Kawasan Strategis Nasional IKN, dapat dilakukan kegiatan produksi izin usaha pertambangan (IUP) yang sah. sampai masa izinnya habis Asalkan pemegang IUP bertanggung jawab mengelola lingkungan pertambangan. Reklamasi dan penggalian selanjutnya merupakan contoh komitmen lingkungan yang bermasalah.

Myrna Safitri, Wakil Direktur Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Administrasi IKN, mengatakan pihaknya telah menyiapkan rancangan pedoman reklamasi dan pascatambang. Melalui kajian dan diskusi dengan banyak pelaku usaha dan instansi pemerintah.

“Pedoman yang disusun ini dimaksudkan untuk memudahkan pemilik IUP dalam melakukan operasi perintisan dan pascatambang. Untuk mendukung pencapaian ESG perusahaan, “Selain itu, kegiatan ini dapat disesuaikan dengan fungsi kawasan dan arah kebijakan pengembangan IKN,” kata Myrna.

Sementara itu Rancangan pedoman ini juga mencakup penyusunan dokumen rencana perintisan dan pascatambang. perencanaan lahan menanam tanaman baru Manajemen lubang tambang Perhitungan biaya dan pilihan keuangan

Pemerintah Australia melalui Bank Pembangunan Asia Dukungan juga telah diberikan pada penelitian ini untuk mempersiapkan rancangan pedoman. Kami berharap pedoman ini konsisten dengan standar nasional dan internasional.

Sebelumnya pada tahun 2023 lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memperkenalkan Kebun Bibit Mentawir di kawasan IKN. Ia berharap kehadiran Kebun Bibit Mentawir di IKN dapat mendukung upaya reklamasi bekas lubang tambang di Kalimantan

“Pembibitan di sini tidak hanya untuk ibu kota pulau. Namun juga bagi Kalimantan misalnya, reklamasi lahan bekas pertambangan. Ada banyak wilayah penting. Mau tidak mau, hutan baru harus ditanami,” kata Jokowi usai meninjau persemaian Mentawi di ibu kota nusantara, Penajam, Pasir Utara, Kalimantan Timur. Pada Kamis (23/2/2023)

Lebih lanjut Jokowi mengatakan, upaya rehabilitasi lahan bekas tambang harus mendapat dukungan semua pihak. Kepala Negara juga meyakinkan bahwa persediaan benih akan lebih baik setelah pembibitan Mentawir sudah ada.

Jokowi juga menegaskan, Taman Kanak-Kanak Mentawir merupakan bukti komitmen pemerintah, yakni pengembangan IKN Nusantara yang benar-benar peduli terhadap lingkungan.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Sigit Reliantoro menegaskan, bekas lubang tambang di IKN masih bisa dijadikan sumber air. Tapi tidak semua

“Sebenarnya tidak semuanya karena nilai PHnya kurang. Ada yang nilai PHnya hanya 3, artinya masih banyak logam berat dan perlu pemulihan. “Solusinya lokasinya bagus dan mudah terkoneksi. dengan fokus pada ekowisata Sehingga kepentingan lokal dapat memperoleh manfaat dari rehabilitasi dan pemanfaatan lubang tersebut,” ujarnya.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel.