Bisnis.com, JAKARTA – Indeks kepercayaan konsumen Amerika Serikat (AS) turun secara tak terduga pada periode September 2024, sebuah rekor sekaligus penurunan terbesar dalam tiga tahun di tengah lemahnya pasar tenaga kerja dan prospek perekonomian yang lebih luas.

Melansir Bloomberg, Rabu (25/9/2024), Conference Board melaporkan kepercayaan konsumen turun 6,9 poin menjadi 98,7, penurunan terbesar sejak Agustus 2021. Angka tersebut juga di bawah perkiraan survei ekonom Bloomberg.

Ekspektasi untuk enam bulan ke depan turun menjadi 81,7 pada bulan September, sedangkan kondisi saat ini turun menjadi 124,3.

Lemahnya pasar tenaga kerja dan tingginya biaya hidup telah membebani kepercayaan konsumen, menyebabkan kepercayaan konsumen turun ke tingkat sebelum pandemi. 

Laporan tersebut merinci kekhawatiran mengenai pasar tenaga kerja yang memicu keputusan Federal Reserve pekan lalu untuk menurunkan suku bunga sebesar 50 basis poin.

“Penurunan komponen utama indeks mungkin mencerminkan kekhawatiran konsumen terhadap pasar tenaga kerja dan reaksi terhadap lebih sedikit jam kerja, pertumbuhan upah yang lebih lambat, lebih sedikit pekerjaan – meskipun pasar tenaga kerja tetap sehat, dengan tingkat pengangguran yang rendah, lebih sedikit PHK dan kenaikan upah,” kata Dana Peterson, kepala ekonom di Conference Board.

Jumlah konsumen yang menyatakan memiliki banyak pekerjaan turun menjadi 30,9% dalam tujuh bulan, masih merupakan angka terendah sejak Maret 2021. Rekor tersebut merupakan rekor terpanjang sejak 2008. 

Sementara itu, jumlah konsumen yang menyatakan sulitnya mencari pekerjaan juga meningkat menjadi 18,3%, tertinggi sejak awal tahun 2021.

“Pasar tenaga kerja yang lesu yang menyebabkan keputusan The Fed untuk menurunkan suku bunga secara drastis juga membebani sentimen konsumen pada bulan September, dengan tingkat kepercayaan yang menurun. Hal ini memperkuat ekspektasi kami bahwa tingkat pengangguran akan meningkat menjadi 4,5% pada akhir tahun ini. ” jelas Eliza Winger , ekonom di Bloomberg Economics.

Peterson menambahkan, meski konsumen masih melihat peluang resesi yang rendah pada tahun depan, terdapat sedikit peningkatan pada kelompok yang meyakini perekonomian sedang mengalami penurunan. Meskipun positif, penilaian konsumen terhadap situasi keuangan mereka saat ini dan masa depan melemah pada bulan September.

Sebelumnya, Gubernur Fed Jerome Powell pekan lalu mengatakan bahwa pasar tenaga kerja lemah, pasar tetap solid, dan perekonomian secara umum baik. 

Proyeksi para pembuat kebijakan yang dirilis bersamaan dengan keputusan tersebut menunjukkan tingkat pengangguran diperkirakan akan meningkat dari 4,2% saat ini menjadi 4,4% pada kuartal keempat dan tetap pada tingkat tersebut hingga tahun 2025, dengan sebagian besar pejabat melihat risiko yang lebih tinggi terhadap penilaian tersebut.

Sekitar sepertiga konsumen memperkirakan suku bunga yang lebih rendah tahun depan, masih merupakan tingkat tertinggi sejak April 2020, menurut Conference Board. Tanggapan yang ditulis pada bulan September juga mencakup lebih lanjut tentang bagaimana suku bunga mempengaruhi pandangan konsumen terhadap perekonomian.

S&P 500 dan imbal hasil Treasury dua tahun lebih rendah setelah laporan tersebut.

Pertanyaan survei terbaru tentang layanan ini menunjukkan bahwa pelanggan masih ingin bepergian dan makan. Rencana untuk membeli rumah, mobil, dan peralatan utama bervariasi.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel