Bisnis.com, JAKARTA – OpenAI memperkenalkan audio Advanced Voice Mode (AVM) ke lebih banyak pelanggan berbayar ChatGPT, sehingga memudahkan komunikasi dengan ChatGPT. 

Pada tahap pertama, pelanggan akan diperkenalkan dengan produk ini di tingkat ChatGPT Plus dan grup. Pelanggan perusahaan dan Edu akan mulai mendapatkan akses minggu depan.

AVM akan memperkenalkan desain baru dalam bentuk animasi bola biru, bukan animasi titik hitam seperti yang ditunjukkan OpenAI saat mendemonstrasikan teknologinya pada Mei 2024.

Pengguna akan mendapatkan popup di aplikasi ChatGPT di sebelah ikon suara ketika mereka memiliki akses ke AVM.

“High Voice akan diluncurkan ke semua pengguna Plus dan Grup di aplikasi ChatGPT dalam waktu seminggu. Sementara Anda menunggu dengan sabar, kami telah menambahkan perintah khusus, memori, lima suara baru, dan perintah yang ditingkatkan. “Aplikasi ini bisa bertuliskan ‘Maaf terlambat’ dalam lebih dari 50 bahasa,” kata X seperti dikutip di akun @openAI, Rabu (25/9/2024). 

Techcrunch melaporkan bahwa pengguna dapat mencoba lima suara ChatGPT baru, termasuk Arbor, Maple, Sol, Spruce, dan Vale. Penambahan ini menjadikan jumlah total suara ChatGPT menjadi sembilan, hampir sama banyaknya dengan Google Gemini Live bersama dengan Breeze, Juniper, Cove, dan Ember. 

Semua kata-kata ini terinspirasi oleh alam, mungkin karena AVM bertujuan untuk menjadikan penggunaan ChatGPT alami.

Satu suara hilang dari daftar: Sky, suara yang ditemukan OpenAI selama pembaruan musim semi, yang memicu ancaman hukum dari Scarlett Johansson. 

Aktris yang memerankan sistem AI di Her ini mengaku suara Sky terdengar sangat mirip dengan suaranya. OpenAI segera menghapus suara Sky, dengan mengatakan bahwa itu tidak dimaksudkan untuk meniru suara Johansson, meskipun beberapa karyawan men-tweet pada saat itu untuk merujuk pada film tersebut.

OpenAI juga telah melakukan beberapa perbaikan sejak rilis pengujian alfa terbatas AVM.

Fitur suara ChatGPT kini mengklaim dapat mengenali aksen dengan lebih baik, dan perusahaan mengatakan percakapan juga lebih lancar dan cepat. Techcrunch jarang menemukan masalah saat pengujian dengan AVM. 

OpenAI juga menambahkan beberapa fitur penyesuaian ChatGPT ke AVM: perintah khusus yang memungkinkan pengguna menyesuaikan respons ChatGPT, dan memori yang memungkinkan ChatGPT mengingat percakapan untuk digunakan nanti.

Juru bicara OpenAI mengatakan AVM belum tersedia di wilayah lain, termasuk Uni Eropa, Inggris, Swiss, Islandia, Norwegia, dan Liechtenstein. 

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel