Bisnis.com, JAKARTA – Jalan-jalan ke luar negeri saat ini bukan hal yang hanya bisa dilakukan oleh segelintir orang.

Kegiatan ini sudah menjadi gaya hidup, tidak hanya untuk berlibur, bahkan bisa menjadi peluang untuk mendapatkan uang.

Namun, lokasi yang Anda pilih dapat menentukan keberhasilan pengalaman solo travel Anda.

Destinasi solo travel terbaik akan menjamin pengalaman yang lancar dan memuaskan serta aman, mudah dan menyenangkan.

Places to Travel menganalisis negara-negara terbaik untuk pelancong solo, menilai tingkat kejahatan dan keamanan, seberapa luas bahasa Inggris digunakan dan dipahami, biaya transportasi dan akomodasi umum, serta kualitas hidup secara keseluruhan. 

Data tersebut berasal dari berbagai sumber berkualitas tinggi, termasuk Indeks Perdamaian Global, survei Numbeo, nilai ujian bahasa Inggris, dan situs web perencanaan perjalanan. Berikut peringkat 10 negara teratas untuk solo travelling menurut Places to Travel: 1. Austria

Austria dinobatkan sebagai negara terbaik untuk solo travelling dengan skor keseluruhan 7,33. Dengan peringkat tinggi untuk kualitas hidup, layanan kesehatan, keselamatan, dan risiko kejahatan yang rendah, Austria adalah tempat yang tepat untuk Anda jelajahi sendiri.

Dengan harga akomodasi rata-rata US$160 atau Rp2,4 juta per malam, yang agak mahal bagi wisatawan dengan anggaran terbatas, negara ini mengimbanginya dengan transportasi umum yang murah, dengan rata-rata biaya perjalanan sekali jalan hanya US$2,68 atau sekitar Rp40. 000. 

Selain itu, negara ini juga memiliki skor kecakapan bahasa Inggris tertinggi dalam daftar ini, yang sangat menyambut wisatawan dari seluruh dunia. 

Di Austria, solo traveler dapat menikmati keindahan Hallstatt, desa dongeng antara pegunungan dan danau yang sempurna untuk Instagram. 2. Denmark

Dinobatkan sebagai negara terbaik kedua untuk perjalanan solo, Denmark bersinar dengan kualitas hidup yang luar biasa, risiko kejahatan yang rendah, dan layanan kesehatan yang sangat baik. 

Dengan tiket sekali jalan seharga USD 3,45 lebih mahal dari Austria, namun rata-rata harga hotel hanya USD 133 per malam. Selain itu, solo traveler akan betah berada di Denmark dengan suasananya yang hangat dan bersahabat.  3. Swiss

Swiss adalah negara terbaik ketiga untuk perjalanan solo, berkat peringkat tinggi untuk kualitas hidup dan keamanan. Pelancong tunggal mungkin akan terkejut dengan harga di destinasi ini. Places to Travel menemukan bahwa harga rata-rata hotel adalah US$191, atau sekitar Rp2,9 juta, per malam, dan tiket angkutan umum sekali jalan adalah US$3,91, atau sekitar Rp60.000, tertinggi di antara negara mana pun dalam daftar. 

Namun keindahan yang menakjubkan dan kemampuan untuk mendaki tempat-tempat seperti Grindelwald pasti sepadan dengan harganya. 4. Singapura

Oleh karena itu, Singapura adalah satu-satunya tujuan terbaik bagi pelancong solo di Asia. Singapura menempati urutan keempat karena angkutan umum sangat murah, harga tiket sekali jalan hanya 1,48 USD atau sekitar Rp.22.000, keamanan tinggi dan kemampuan bahasa Inggris yang tinggi. 

Meskipun biaya hotel mencapai $196 per malam di antara negara-negara teratas untuk perjalanan solo, ada banyak hostel murah di negara kota ini. 

Saat Anda berada di sana, bersantailah di antara anggrek yang menakjubkan dan danau yang tenang di Singapore Botanic Gardens yang terdaftar sebagai Warisan Dunia UNESCO, lalu kunjungi pedagang kaki lima yang terkenal di dunia. 5. Finlandia

Dengan skor keseluruhan 7,1, Finlandia menempati peringkat kelima dalam daftar negara terbaik untuk solo travel. Negara ini mendapat nilai bagus dalam Indeks Perdamaian Global, serta layanan kesehatan dan ukuran kualitas hidup. 

Harga rata-rata menginap di hotel adalah USD 125 atau Rp 1,9 juta per malam. Terlebih lagi, negara ini menawarkan begitu banyak hal untuk dilihat dan dilakukan, mulai dari distrik desain Helsinki yang semarak, bersantai di kabin dekat Saimen, atau menyaksikan cahaya utara di Lapland.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA channel