Bisnis.com, JAKARTA – PT Permodalan Nasional Madani (PNM) kembali mencatatkan prestasi gemilang dengan meraih dua penghargaan bergengsi di Merdeka Awards 2024.

PNM dinobatkan sebagai pemenang pada kategori Program Negara Inovatif dan Program Kolaborasi Berbasis Teknologi sebagai pengakuan atas kontribusi nyata PNM dalam mendukung pembangunan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat melalui inovasi dan kolaborasi, kolaborasi teknologi.

Pada penghargaan kategori Program Inovatif Negeri ini, PNM mampu menunjukkan komitmennya dalam menciptakan program yang fokus pada pemberdayaan ekonomi masyarakat, khususnya pelaku usaha ultra mikro melalui PNM Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera) dan program mikro. . pelaku usaha melalui Program ULaMM (Unit Pelayanan Modal Mikro). Program Desa Madani juga dianggap sebagai pelengkap ekosistem layanan PNM yang komprehensif.

EVP Human Capital PNM Sasono Hantarto mengatakan, komitmen perusahaan adalah menjadi solusi inklusi keuangan bagi kelompok masyarakat kurang mampu yang unbanked untuk memulai bisnis, membuka kembali bisnis, atau mengembangkan bisnis yang sudah ada.

 “Klien ULaMM dan Mekaar tidak hanya menerima bantuan modal finansial, namun juga modal intelektual dan sosial. “Bisa dikatakan PNM merupakan jembatan akses pembiayaan bagi ibu-ibu yang memiliki bantuan keuangan untuk mengembangkan usahanya,” jelas Sasono.

PNM juga membantu jutaan perempuan kurang beruntung di Indonesia mengakses modal usaha, pelatihan dan dukungan usaha. Hal ini untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga Anda. “Program ini menjadi role model dalam mengembangkan kewirausahaan inklusif di Indonesia,” tambahnya.

Sementara itu, penghargaan Technology-Enabled Collaboration Program diberikan kepada PNM atas keberhasilannya memanfaatkan teknologi digital secara inovatif dan kolaboratif.

PNM melalui platform digitalnya telah mengoptimalkan akses layanan keuangan inklusif bagi nasabah di berbagai wilayah, bahkan di wilayah yang sulit dijangkau.

Aplikasi PNM Digi memberikan kemudahan akses pembiayaan bagi nasabah dan dilengkapi dengan fitur-fitur yang dapat menunjang operasional bisnis seperti pencatatan dan akuntansi trade finance, fitur belanja yang lebih terjangkau di Warung Mekaar, payment gateway dan masih banyak lagi.

Sementara itu, aplikasi MekDi (Mekaar Digital) dapat membantu nasabah mendapatkan layanan digital dalam hal pengajuan pembiayaan, pembayaran, dan lain-lain. Hal inilah yang mengantarkan PNM mendapat pengakuan pada kategori kolaborasi berbasis teknologi.

“Penghargaan ini merupakan bukti nyata kerja keras seluruh keluarga besar PNM. Prestasi ini sekaligus menjadi motivasi kami untuk terus berkembang dan berinovasi, memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dan masyarakat Indonesia,” tambah Sasono.

Penghargaan ini juga menjadi bukti bahwa PNM tidak hanya berperan sebagai lembaga keuangan namun juga sebagai agen perubahan sosial yang berkomitmen memberikan dampak positif bagi bangsa.

PNM akan terus mengembangkan program-program inovatif yang mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, dengan teknologi sebagai pilar utamanya.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel