Bisnis.com, JAKARTA – Pesawat Presiden Joko Widodo (Jokowi) berhasil mendarat di Bandara Ibu Kota Negara (IKN) pada Selasa (24/9/2024).

Jokowi mengatakan, pesawat kepresidenan pertama kali mendarat di bandara IKN. Ia mengatakan pendaratan pertama berjalan dengan baik.

“Iya bersih sekali, pendaratannya mudah, bagus sekali. Tidak banyak, tapi lebih,” kata Jokowi di Bandara IKN seperti dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (24/9/2024).

Jokowi membantah Bandara IKN hanya diperuntukkan bagi VVIP. Ia meminta agar Bandara IKN dapat segera memanfaatkan bisnis tersebut untuk masyarakat.

“Pertama kali saya keluar dari Bandara Nusantara yang sering disebut-sebut hanya diperuntukkan bagi VVIP, saya perintahkan dulu Kementerian Perhubungan untuk segera mengubahnya menjadi bandara komersil yang bisa digunakan untuk ibadah haji, umrah dan lain-lain,” ujarnya.

Pada tahap pertama, Jokowi mengungkapkan kapasitas Bandara IKN seharusnya mampu menampung sekitar 200 ribu penumpang. Namun jika berbisnis, kapasitasnya bisa mencapai 7 juta mobil per tahun.

Sebelumnya, Wakil Kepala Badan Ibu Kota Negara (OIKN) Nusantara Raja Juli Antoni membenarkan Presiden Jokowi berhasil mendarat dengan selamat di Bandara IKN.

Diunggah melalui akun Instagram @rajaantoni, Wakil Menteri Agraria dan Perencanaan Wilayah/Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/BPN) mengatakan, pesawat kepresidenan RJ85 yang membawa Kepala Negara sudah mendarat di bandara IKN.

Alhamdulillah pesawat asal RI mendarat dengan selamat di Bandara Nusantara, kata Raja Juli, dalam pengumumannya, Selasa (24/9/2024).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sepakat akan kembali ke Ibu Kota Negara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim), pada Selasa (24/9/2024).

Orang nomor satu Indonesia itu mengaku meski rencana pendaratan di bandara Nusantara sempat beberapa kali ditunda, namun setelah dilakukan tes dipastikan bisa mendarat di sana.

Hal itu diungkapkannya usai peluncuran Injeksi Bauksit Pertama dari Smelting Alumina Refinery (SGAR) PT. Alumia Kalimantan Indonesia, Mempawah, Kalimantan Barat, Selasa (24/9/2024).

“Iya ini sudah berkali-kali ditunda, kemarin sudah kita cek kemungkinan bisa mendarat, makanya kita coba mendarat di IKN. Ini bukan bandara VVIP, tapi bandara bisnis yang diperuntukkan umum,” kata Jokowi. .

Diberitakan sebelumnya, salah satu agenda kunjungan Presiden Jokowi ke IKN adalah meninjau langsung peresmian tingkat 8 di IKN pada Rabu (25/09/2024).

Presiden Jokowi akan memimpin langsung dimulainya tahap ke-8 yang melibatkan satu investor asing murni, dua perusahaan asing, dan dua investor dalam negeri.

Deputi Otoritas Pembiayaan dan Investasi IKN, Agung Wicaksono mengatakan, perbedaan investasi di tingkat nasional terlihat pada pelantikan ke-8.

“Dari peluncuran yang ke-8 dalam kurun waktu setahun, dari 1 GB pada September 2023 menjadi 8 GB pada September 2024, ini menunjukkan investasi di IKN benar-benar berjalan dan terlihat. Agung.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel